14 Desember 2024

Marketplus.idSocial engineering atau rekayasa sosial adalah bentuk ancaman yang ditujukan bukan kepada sistem komputer, melainkan kepada penggunanya yaitu manusia. Banyaknya penipuan berupa social engineeringmengharuskan masyarakat lebih waspada dan teliti.

Salah-salah, penipu dapat menipu nasabah untuk mengeksploitasi informasi pribadi dan mengakses data keuangan nasabah. Serangan ini bisa terjadi online maupun offline, atau kombinasi keduanya.

Baru-baru ini, telah ditemukan call center palsu yang diklaim penipu sebagai call center Danamon. Penipu menempatkan informasi palsu mengenai call center Danamon di Google Maps untuk mengelabui calon korban yang ingin mencari alamat cabang Danamon dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Korban pun menghubungi call center palsu tersebut dan diarahkan penipu untuk melanjutkan pembicaraan melalui chat WhatsApp. Setelah itu, penipu mengirimkan file .apk yang ketika diklik memberikan akses kepada data nasabah di bank agar penipu dapat mengosongkan saldo tabungan korban.

“Seiring dengan makin berkembangnya technologi dan digitalisasi, kejahatan perbankan juga makin marak dengan modus yang makin beragam. Oleh karena itu, Danamon mengimbau seluruh Nasabah dan masyarakat untuk melindungi data pribadi dengan senantiasa berhati-hati  dan waspada, serta tidak sembarangan menyerahkan informasi terkait data pribadi kepada pihak-pihak yang tidak bisa dibuktikan kebenarannya. Terkait Modus penipuan dengan menggunakan call center palsu ini, Nasabah dan masyarakat diharap mencari dan mengonfirmasi nomor call center sebuah perusahaan di sumber yang terpercaya, seperti Call 108, atau media resmi lainnya antara lain situs resmi perusahaan tersebut. Penting juga untuk diperhatikan bahwa Nasabah tidak sembarangan meng-klik filemencurigakan yang dikirimkan melalui e-mail, WhatsApp, atau SMS,” imbau Kristiani Siwi, Service Quality & Contact Center Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

Call center Danamon, yang dinamakan Hello Danamon, merupakan salah satu channel bagi nasabah untuk memperoleh informasi mengenai produk dan layanan, serta menyampaikan keluhan. Dalam rangka memenuhi ekspektasi dan memberikan solusi terbaik kepada nasabah, Danamon senantiasa memberikan pembekalan berupa kemampuan customer service yang mumpuni dan berkelanjutan kepada para agent Hello Danamon. Metode yang dilakukan antara lain melalui pelatihan Service Development, dan berbagai program dan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan dan wawasan, engagement, serta memberikan motivasi dan apresiasi bagi para agentyang berprestasi.

Apabila nasabah memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan lebih lanjut terkait perbankan, nasabah dapat menghubungi call center Hello Danamon di 1-500-090. Perlu diingat bahwa Danamon tidak pernah meminta data pribadi nasabah, baik password, PIN, ataupun OTP (One-Time Password). Adapun petugas Hello Danamon hanya akan meminta data pribadi nasabah jika nasabah melakukan panggilan ke call center untuk mengajukan permohonan bantuan atau keluhan tertentu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *