Mei 19, 2024

Marketplus.id – Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif padasubsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik, yang akan diselenggarakan di 16Kota/Kabupaten di Indonesia.

Jumlah UMKM per 2021 mencapai 64,2 juta, dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah, dan kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja. Program AKIdiharapkan hadir untuk mendorong UMKM kreatif Indonesia naik kelas dan percepatan pertumbuhanekonomi, dengan tema yang diangkat “PRODUK INDONESIA UNTUK EKONOMI KUAT”.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam kunjungan kerjanya ke Sulawesi Utara memberikan kejutan kepada 27 finalis Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 Manado dengan hadir dalam acara ramah tamah dan makan malam bersama.

Hal ini sebagai acara pengganti karena Menparekraf berhalangan hadir langsung dalam pameran AKI Manado yang berlangsung pada 9 hingga 11 Agustus 2023.

“Saya membuat surprise untuk 27 peserta Apresiasi Kreasi Indonesia terpilih di kota Manado. Ada dari Gorontalo, Minahasa, Minahasa Selatan, Minahasa Utara, juga dari Bitung, dan banyak lagi yang berpartisipasi untuk mengambil kesempatan untuk bisa tampil (pameran) di salah satu Mall terbaik di Indonesia bagian Timur di Matos,” kata Menparekraf Sandiaga, di Manado Town Square (Matos), (8/8).

Menparekraf Sandiaga mengatakan AKI 2023 merupakan kesempatan emas bagi UMKM Manado untuk meningkatkan kapasitas produk dan penjualan. Dengan demikian diharapkan mereka mampu membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

Mewakili Menparekraf,  Direktur Industri Kuliner, Kriya, Desain, dan Fesyen Kemenparekraf/Baparekraf, Yuke Sri Rahayu membuka pameran AKI Manado didampingi oleh Henry R. W. Kaitjily selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Utara.

Pada pembukaan pameran juga turut hadir undangan dari Dinas Industri dan Perdagangan Kota Manado, Dinas Koperasi dan UKM Kota Manado, juga perwakilan dari Dinas Pendidikan Kota Manado.

Selain bisa berbelanja dan melihat pameran produk kuliner, kriya, fesyen dan aplikasi dari finalis AKI Manado, pengunjung Manado Town Square dan finalis AKI juga bisa menyaksikan aktivasi seru yang akan berlangsung di atas stage. Mulai dari demo kreasi minuman atau mixologist bersama James Regar, berlatih mengambil foto produk bersama Eddy Sukmana, talkshow film bersama Makbul Mubarak dan juga penampilan tarian dan musik dari pelaku seni dan musisi Manado.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *