13 Juli 2024

Marketplus.id – Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Dewan Pengurus Daerah (DPD) DKI Jakarta peringati Hari Batik Nasional dengan Gelaran Talk Show dan Lomba Fashion Show antar Mall se-DKI Jakarta di Lantai dasar Thamrin City, Senin (2/10/2023).

Ketua APPBI DPD DKI Jakarta, Mualim Wijoyo mengajak seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia untuk berperan aktif dalam memajukan Batik Nusantara.

“Kepada seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat Indonesia agar bisa berperan aktif dalam memajukan Batik Indonesia tentunya dengan penggunaan batik dalam kehidupan keseharian,” ujar pria yang juga merupakan CEO Thamrin City ini.

Ajang Fashion Show Batik diikuti 28 pusat perbelanjaan di DKI Jakarta. Lomba itu menampilkan beberapa kategori seperti Batik Klasik, Batik Modern maupun Batik Kontemporer yang dibawakan oleh model-model dari perwakilan Pusat Perbelanjaan di DKI Jakarta secara berpasangan Kriteria penilaian dalam lomba itu antara lain keserasian kreativitas busana dan make up, keserasian gerakan dengan music di catwalk, serta keluwesan, ekspresi dan penjiwaan peserta.

“Lomba ini diharapkan membawa nilai pariwisata dan industri kreatif yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Indonesia,” pungkas Mualim.

Mualim juga menyampaikan terimakasih dan harapannya terhadap perkembangan batik yang telah ditetapkan oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 lalu.

“Terimakasih juga tentunya kepada Pemerintah DKI dan Kota Jakarta Pusat yang tentunya tanpa support mereka kita tidak bisa sampai sejauh ini dan dihari batik nasional ini semoga kita bisa menginspirasi semua dan terkhusus anak muda,” pungkasnya.

Sedangkan, menurut Sri Haryati, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Ekosistem Batik merupakan Ekosistem yang amat luas karena itu perlu adanya keberlanjutan pembahasan mengenai batik.

“Kami yang berada di sektor pemerintahan siap support bahkan kita juga perlu membahas bagaimana perbaikan pada Ekosistem Batik, agar batik senantiasa menjadi produk yang betul-betul kita banggakan dan gunakan,” ujar Sri Haryati.

Diketahui, selain dihadiri oleh Ketua APPBI DPD DKI Jakarta dan Asisten IV Sekda Provinsi DKI Jakarta, agenda yang diikuti oleh 20 pusat perbelanjaan tersebut turut dihadiri oleh APPBI DPP, Dinas UMKM dan beberapa OPD lainnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *