Marketplus.id – Lazada Indonesia jalin kerja sama dengan Dinas Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (DKUKMPP) Kota Cirebon untuk memberdayakan penjual lokal fesyen binaan DKUKMPP Kota Cirebon.

Pada kerja sama ini, Lazada mendaftarkan ratusan UKM fesyen yang tergabung dalam Mall UKM Cirebon untuk memiliki toko digital dan berjualan di Lazada. Kerja sama ini menegaskan komitmen Lazada dalam mendukung pertumbuhan ekonomi digital, serta memperluas kesempatan yang sama bagi pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia.

“Lazada selalu berkomitmen untuk mendukung penjual lokal agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia melalui peningkatan penjualan di Lazada. Lewat kolaborasi ini kami juga bisa memberikan lebih banyak pilihan produk-produk asli Indonesia, terutama yang berasal dari Cirebon seperti batik dan kerajinan anyaman tas bagi konsumen. Kami berharap kehadiran UKM Cirebon di Lazada dapat memberdayakan para penjual lokal Indonesia, sehingga semakin mendapatkan perhatian dari masyarakat luas,” ujar Athina Tokan, Category Director Fashion, Lazada Indonesia.

Iing Daiman,S.IP., M.Si. selaku Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perdagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, mengapresiasi langkah yang diambil Lazada, “Kami melihat cukup banyak talenta-talenta pebisnis di Cirebon yang belum dikenal masyarakat luas. Bersama Lazada yang memberikan penawaran kepada UMKM Cirebon untuk dapat bergabung ke kanal ‘Harbolnas’, diharapkan dapat membuka peluang baru bagi para pelaku UMKM agar mendapatkan kemudahan akses untuk meningkatkan pemasaran produk mereka, sehingga para UMKM ini dapat memperluas jaringan distribusi hingga ke seluruh Indonesia.”

Sebagai bagian dari kerjasama ini, ada dua pelatihan yang dilakukan Lazada dan DKUKMPP Kota Cirebon untuk mengakselerasi para penjual lokal secara digital, pada bulan November yang lalu yaitu:

  • Akselerasi Top Seller UKM dan UMKM dari wilayah Kota Cirebon, dimana Lazada berbagi tips memanfaatkan fitur-fitur dalam platform, hingga melihat peluang pasar bagi penjual di Cirebon yang sudah bergabung di Lazada.
  • Mall UKM Cirebon Go Online. Pelatihan ini dihadiri ratusan UKM yang baru pertama kali berjualan secara online, sehingga pelatihan lebih berfokus kepada hal-hal dasar seperti menyiapkan foto produk yang baik serta memilih keragaman produk, sehingga toko menjadi menarik bagi konsumen.

Kanal Harbolnas untuk Meningkatkan Eksposur Penjual Lokal di Lazada

Jelang akhir tahun 2023 ini, Lazada juga mendedikasikan satu kanal khusus bernama “Harbolnas” untuk mempromosikan berbagai produk lokal yang ada di Lazada.

Dalam kanal ‘Harbolnas’ terdapat ratusan UMKM fesyen termasuk Cirebon. Kanal ‘Harbolnas’ merupakan dedikasi Lazada kepada penjual lokal Indonesia dan banner kanal ‘Harbolnas’ ini dapat diakses pada laman utama aplikasi Lazada untuk memudahkan konsumen mengeksplorasi produk dari penjual-penjual lokal asli Indonesia.

Selama periode Lazada Fest 12.12 yang berlangsung dari tanggal 12-16 Desember 2023, terdapat promo spesial berupa voucher potongan harga hingga 50% khusus bagi konsumen yang berbelanja di kanal ‘Harbolnas’.

“Pada periode akhir tahun, biasanya antusiasme konsumen untuk berbelanja semakin tinggi sehingga seluruh pelaku usaha pasti akan mempersiapkan pilihan produk beragam yang disesuaikan dengan tren yang ada dan memberikan penawaran terbaik. Kami berharap kesempatan ini dapat menjadi momen bagi penjual lokal Indonesia untuk semakin mengembangkan bisnis mereka,” tutup Athina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *