25 Juni 2024

Marketplus.id – Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI), pada hari ini kembali menyelenggarakan APLI Awards 2023’ dalam rangkaian suatu kegiatan Tahunan Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia (APLI) Convention 2023 dengan mengusung tema yang di adopsi dari WFSDA World Congress XVII, Dubai, UAE, yakni ”REIMAGINE, REINVENT, REDEFINE”.

Adapun makna REIMAGINE yaitu “building a direct selling business in a digital world”, REINVENT yaituunderstanding the profile of a direct seller”, sedangkan REDEFINE yaitu “quantifying collective impact on societies”.

Pada era digital saat ini, hampir semua proses bisnis di dunia telah memakai teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik, pertukaran, penjualan barang, pelayanan jasa dan informasi secara elektronik.

Oleh karena itu maka tema tersebut diatas memberikan pesan agar industri penjualan langsung (Direct Selling) harus segera bertransformasi dari yang bersifat konvensional “door to door” menjadi bersifat “digital”, sehingga dapat memasarkan secara luas untuk membangun, meningkatkan, dan mempertahankan reputasi dan kelangsungan industri penjualan langsung dengan cara membangun bisnis penjualan langsung di dunia digital (REIMAGINE), memahami profil penjual langsung secara menyeluruh (REINVENT) dan mengukur dampak kolektif terhadap loyalitas dan kepercayaan masyarakat (REDEFINE).

Sebagai contoh, di beberapa Negara, telah mengizinkan penjualan produk-produk penjualan langsung untuk dijual melalui Marketplace, antara lain Malaysia, sedangkan di Thailand, Brazil dan China dapat menjual produk-produk penjualan langsung melalui platform Digital Marketing.

Kegiatan ini dihadiri para pelaku industri Penjualan Langsung serta pemangku kepentingan guna mensosialisasikan kembali industri Penjualan Langsung serta dampak positif secara ekonomi dan sosial terhadap masyarakat.

APLI AWARDS 2023’ ini merupakan penyelenggaraan kegiatan tahun ke 4, yang sebelumnya diawali oleh APLI AWARDS tahun 2020, tahun 2021 dan tahun 2022. Tujuan dari pada APLI AWARDS ini, untuk memberikan penghargaan setinggi tingginya kepada para mitra usaha yang telah mencapai peringkat tertinggi untuk kategori Top Sales Volume dan Top Sponsoring di perusahaan penjualan langsung khususnya perusahaan anggota APLI.

Ini merupakan bukti bahwa industri penjualan langsung memberikan peluang tak terbatas untuk menjadi seorang ENTREPREUNER tanpa harus dari pemilik modal, tanpa melihat latar belakang pendidikan.

Ketua Umum APLI Kany V. Soemantoro mengatakan, mengajak para mitra usaha yang terdaftar di perusahaan penjualan langsung yang bernaung di APLI, untuk tetap memiliki semangat yang tinggi membangun bangsa melalui kiprahnya di bisnis penjualan langsung secara sehat dan benar. Saat ini industri Penjualan Langsung mampu mendongkrak perekonomian negara dengan cukup signifikan, sumbangan terhadap produk domestik bruto di dominasi oleh konsumsi rumah tangga serta berkontribusi positif dalam mengurangi angka pengangguran di Indonesia.

Sekjen APLI Ina Rachman menambahkan, agar industri Penjualan Langsung ini terus bertumbuh di abad digital, maka agar industri Penjualan Langsung ini tidak punah karena ketinggalan zaman diperlukan peraturan yang khusus untuk mengatur dan membolehkan kegiatan industri Penjualan Langsung ini melalui platform digital sehingga dapat merubah paradigma “bisnis klasik” dengan menumbuhkan model-model interaksi dan transaksi yang modern antara perusahaan Penjualan Langsung dengan para mitra usahanya secara virtual tanpa menghilangkan ciri distribusi eksklusifnya.

Dalam agenda hari ini, yang tak kalah menariknya dalam APLI AWARDS 2023’ ini dibuka oleh Penasehat APLI sekaligus Ketua MPR-RI yaitu Bambang Soesatyo. APLI AWARDS 2023’ kali ini di sponsori oleh Nu Skin Indonesia, Herbalife, Berkah Amanah Selalu (BASU), PM International Depindo dan Fitline serta bertabur doorprizes dan para tamu yang hadir akan membawa pulang goodie bag mewah persembahan dari JAFRA ,Tupperware, HWI, Atomy, Milagros, HDI dan Oriflame serta dukungan dari Para Mitra Afiliasi APLI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *