20 Juni 2024

Marketplus.id – Beragam parade festival seni dan budaya menyemarakkan peluncuran Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, sebagai momentum menyambut rangkaian festival yang diharapkan mampu menggeliatkan ekonomi melalui event-event daerah yang berkualitas.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/KaBaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam pernyataannya di Jakarta, Sabtu (27/1/2024) mengatakan, beragam acara tersebut dihadirkan juga salah satunya untuk mempromosikan dan mengenalkan berbagai event ke masyarakat luas.

“Sejak diluncurkan pada tahun 2021, KEN berhasil mendorong peningkatan perekonomian daerah. Saya berharap event KEN 2024 yang menyajikan kegiatan menarik seperti musik, budaya, seni karnaval, hingga kuliner ini bisa meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara,” katanya.

KEN Festival yang terdiri dari lima zona interaktif yaitu Zona Budaya, Zona Seni, Zona Musik, Zona Karnaval, dan Zona Kuliner. Kelima zona yang merupakan hasil kolaborasi dengan daerah ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berkesan kepada para pengunjung sekaligus mempromosikan event-event KEN yang akan datang.

Selain menikmati aktivitas festival, pengunjung TMII juga dapat menyaksikan langsung penampilan dari para pegiat seni budaya dari berbagai daerah di Indonesia yang hadir memeriahkan peluncuran ini seperti Jember Fashion Carnaval, Solo Keroncong Festival, Festival Babukung, Festival Gandrung Sewu, Aceh Perkusi, Festival Ronthek Pacitan, Festival Teluk Tomini, dan masih banyak lagi.

Aktivitas semakin lengkap dengan hadirnya mitra-mitra yang turut berpartisipasi, antara lain Mandiri, Grab, Citilink, tiket.com, Mister Aladin, Djalanin, dan Atourin.

KEN merupakan program strategis Kemenparekraf dalam mempromosikan destinasi pariwisata melalui kegiatan (event) yang bertujuan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara serta menggerakkan wisatawan nusantara agar berwisata di Indonesia.

KEN pertama kali diselenggarakan pada 2021 sebagai penyempurnaan program Calendar of Event (COE) yang telah dilaksanakan sebelumnya oleh Kemenparekraf/Baparekraf. Pada edisi pertamanya, KEN mewadahi 83 event terpilih dari 34 provinsi.

Pada proses kurasi KEN 2024 yang telah dilakukan pada November-Desember 2023, ada tiga tahapan utama. Di antaranya adalah seleksi administrasi, konten, dan wawancara.

Di tahun ini, proses kurasi melibatkan Tim Kurator yang terdiri dari lima bidang. Di antaranya adalah Bidang Ide dan Inovasi, Bidang Pemasaran dan Strategi Komunikasi, Bidang Manajemen Kegiatan, Bidang Manajemen Keuangan, dan Bidang Analisis Dampak.

Setelah melalui beberapa tahapan kurasi, maka KEN 2024 kembali merangkum 110 event unggulan yang telah dikurasi dari 252 event usulan Dinas Pariwisata Provinsi se-Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *