PLTS Atap Pacific Paint for Bright Life

Marketplus.id Pacific Paint, pionir perusahaan cat di Indonesia dengan bangga mengumumkan program Pacific Paint for Bright Life yang menjadi wujud kontribusi nyata terhadap penanganan masalah perubahan iklim.

Program ini juga merupakan implementasi dari prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (Environmental, Social andGovernance/ESG) yang saat ini merupakan aspek penting dalam rangka membangun masa depan yang berkelanjutan untuk generasi penerus bangsa terutama di Indonesia.

Melalui Pacific Paint for Bright Life, sejumlah upaya penerapan program-progam lingkungan telah dilakukan serta diterapkan di perusahaan.

Menuju Net Zero Carbon Emission

Salah satu langkah yang diambil Pacific Paint untuk mendukung pengurangan emisi karbon yang sesuai dengan deklarasi menuju Net Zero Emission oleh Pemerintah Indonesia adalah jalinan kerjasama dengan Xurya dalam pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya, menjadi salah satu bentuk komitmen perusahaan untuk turut serta menghijaukan Indonesia.

Xurya sendiri adalah perusahaan energi terbarukan yang mempelopori metode sewa PLTS atap di Indonesia. Adanya kerjasama ini, diperkirakan total energi bersih yang dihasilkan mencapai lebih dari 250 ribu kWh per tahun atau setara dengan penekanan emisi karbon di atas 230 ribu kilogram per tahun. Pemasangan tersebut diperkirakan besaran penekanan emisi karbon ini setara dengan dampak positif penanaman lebih dari 3.000 pohon.

Peresmian Pacific Paint For Bright Life – Kerjasama dengan Xurya

Suryanto Tjokrosantoso, Direktur Operasional Pacific Paint mengatakan “Kami melakukan terobosan melalui Pacific Paint for Bright Life yang antara lain menjalankan komitmen serta mengupayakan beragam kegiatan maupun program-program untuk meningkatkan efisiensi energi dan mengurangi emisi atas proses produksi dengan mengadopsi energi terbarukan salah satunya menggunakan PLTS Atap. Kerja sama dengan Xurya menjadi salah satu bentuk komitmen kami untuk terus berperan aktif dalam menjalankan seruan pemerintah Indonesia maupun global dalam transisi energi, mengatasi perubahan iklim dan melindungi lingkungan.”

Xurya melakukan instalasi, mengoperasikan, memantau, serta memberikan layanan maintenance PLTS Atap kepada Pacific Paint selama masa kerja sama berlangsung. Xurya memanfaatkan IoT dalam mengoperasikan PLTS Atap di Pacific Paint, sehingga Pacific Paint dapat mengetahui besaran kapasitas listrik dan performa yang dihasilkan dari PLTS Atap secara real-time.

Managing Director Xurya, Eka Himawan mengatakan, “Xurya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pacific Paint atas inisiatifnya dalam memanfaatkan energi surya untuk membantu kegiatan operasional. Kami bangga dapat mendukung Pacific Paint untuk menjadi perusahaan yang ramah lingkungan. Sebagai perusahaan yang memberikan solusi lengkap untuk PLTS Atap, Xurya juga akan turut mengoperasikan serta memastikan kinerja PLTS Atap tetap maksimal dengan memberikan layanan operations & maintenance (O&M) secara rutin selama masa sewa. Mengingat Pacific Paint merupakan pionir perusahaan cat, kami berharap langkah ini dapat menginspirasi perusahaan lain untuk turut berkontribusi dalam masa depan yang berkelanjutan.”

Selain berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang menuju Net Zero Carbon Emission salah satunya dengan adanya pemasangan PLTS Atap, Pacific Paint juga menerapkan serta menjalankan program-program lingkungan secara berkelanjutan, antara lain adalah:

Penerapan sistem Manajemen Health, Safety, Environment, & Quality (HSEQ) mendukung efisiensi serta mewujudkan industri hijau

  • Penuhi standar internasional, perusahaan melakukan seluruh proses kerja dengan aman, nyaman, selamat, berwawasan lingkungan dan tepat mutu dengan juga terus menerapkan standar terhadap aspek HSEQ yang mengacu kepada ISO 9001, ISO 14001 & ISO 45001.
  • Pacific Paint telah tersertifikasi Industri Hijau sejak tahun 2020 yang memang mengutamakan upaya efisiensi dan efektivitas sumber daya secara berkelanjutan.

Pengelolaan limbah B3 dan perizinan lingkungan

  • Secara disiplin, Pacific Paint melakukan pengelolaan terhadap Limbah B3 yang timbul dari proses kerja melalui tahapan pemilahan, penyimpanan, pengangkutan sampai tahap pemanfaatan oleh pihak – pihak yang memiliki izin resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Seluruh proses dilakukan oleh personel yang sudah tersertifikasi oleh Lembaga BNSP antara lain Penanggungjawab Pengelolaan Limbah B3 (PLB3) & Operasional Pengelolaan Limbah B3 (OPLB3).
  • Pacific Paint juga telah memiliki dokumen lingkungan untuk Upaya Pengelolaan Lingkungan & Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL-UPL) dan dilaporkan secara periodik ke Dinas Lingkungan Hidup.

”Pacific Paint akan terus menjalankan program-program lingkungan secara berkelanjutan lainnya untuk mewujudkan program Pacific Paint for Bright Life. Kami berharap dapat memberikan kontribusi positif untuk kesehatan bumi dan lingkungan yang berkelanjutan sehingga dapat terus menghadirkan rangkaian produk cat berkualitas serta memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh konsumen,” tutup Suryanto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *