18 Juli 2024

Marketplus.id Salah satu kompetisi Fisika bergengsi di Asia, Asian Physics Olympiad (APhO), kembali menjadi ajang pembuktian kemampuan pelajar Indonesia bersaing di tingkat global.

APhO yang diselenggarakan pertama kali pada 24 tahun silam di Indonesia tersebut, secara konsisten diikuti oleh pelajar-pelajar terpilih dari berbagai SMA di Indonesia. Pada tahun 2024 delegasi Indonesia kembali mempersembahkan sejumlah medali mulai dari emas, perak, perunggu dan penghargaan Honorable Mention.

Pencapian ini patut dibanggakan dan diapresiasi. Karena itu Crystalin, merek air minum dalam kemasan asli Indoesia memberikan penghargaan berupa dana pembinaan sebesar 100 juta rupiah melalui Yayasan Sinergi Mencerdaskan Tunas Negeri (SIMETRI) selaku pembina Tim APho Indonesia 2024.

Tim APhO Indonesia 2024 baru saja selesai mengikuti acara APhO di Kampar, Malaysia, yang diselengarakan pada pekan pertama Juni 2024 di Kampus Universiti Tunku Abdul Rahman. Tim yang terdiri dari 8 orang pelajar SMA terpilih ini berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan mendapatkan 1 medali emas, 1 medali perak, 3 medali perunggu dan 3 Honorable Mention.

“Crystalin sebagai merek air minum dalam kemasan, asli Indonesia, selama ini banyak mendukung kegiatan yang terkait dengan olahraga, seperti lari, basket dan sepakbola. Hingga kemudian kami bertemu dengan pengurus Yayasan SIMETRI yang telah hampir seperempat abad memfasilitasi pelajar-pelajar Indonesia berbakat dalam bidang FISIKA untuk berkompetisi di ajang global Olimpiade Fisika. Kami menyadari torehan prestasi anak bangsa tidak hanya di bidang olahraga, tapi juga di bidang sains. Untuk itu, Crystalin memberikan dukungan berupa dana pembinaan sebesar 100 juta rupiah, yang kami salurkan melalui Yayasan SIMETRI. Sedangkan untuk para peraih medali kami berikan tambahan uang saku. Semoga prestasi tim APhO Indonesia pada tahun 2024 ini dapat mendorong semakin banyak pelajar Indonesia lebih giat lagi mempelajari bidang sains,” ujar Wijoyo, Marketing and Sales Director Crystalin, di Gedung OT saat menyambut tim APhO Indonesia, di Jakarta.

Penyelenggaraan APhO 2024 kali ini merupakan yang terbesar dari jumlah peserta. Ada 28 tim dengan total peserta 280 pelajar dari berbagai negara di dunia. Ada 27 negara yang berpartisipasi termasuk Indonesia.

Medali emas untuk tim Indonesia dipersembahkan oleh Jack Howard Wijaya dari SMA Darma Yudha, Pekanbaru. Jack Howard mendapatkan tambahan uang saku dari Crystalin sebesar 5 juta rupiah.

“Jack Howard dan teman-temannya telah menjalani proses seleksi yang ketat. Mereka diseleksi secara nasional melalui 3 tahapan. Peserta seleksi kebanyakan juga berpartisipasi pada Olimpiade sains nasional.  Tahap pertama diikuti 15 siswa, tahap kedua tinggal 10 siswa dan tahap ketiga 8 siswa yang merupakah tim yang mewakili Indonesia. Mereka dibimbing secara intens.Total waktu dari seleksi hingga bimbingan sekitar 4.5 bulan. Semua proses gratis, tidak dikenakan biaya. Kami berharap dan berdoa semoga dukungan untuk Tim Olimpiade Fisika Indonesia (TOFI) ke APhO terus berlanjut dan bertambah karena ini tahun pertama kebutuhan dana tercukupi dari sponsor. Tahun-tahun sebelumnya kami menutupi dari hasil pelatihan di yayasan Simetri,” jelas Herry Kwee Ph.D, salah satu pimpinan tim APhO Indonesia.

“Event seperti APhO ini memang jauh dari gegap gempita, dan tidak banyak masyarakat Indonesia yang tahu dan mungkin peduli. Jika dibandingkan dengan event olahraga misalnya. Tetapi pembinaan SDM Indonesia di bidang sains tentunya tidak kalah penting. Kesadaran inilah yang mendorong Crystalin memberikan dukungan, dengan harapan semakin banyak pihak yang juga peduli dan mendukung,” tutup Wijoyo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *