18 Juli 2024

Marketplus.id – Kesempatan untuk berbakti kepada bangsa dan negara terbuka lebar bagi masyarakat diaspora Indonesia melalui program rekrutmen pegawai BUMN. Hal ini dilakukan dalam rangka mencari talenta terbaik Anak Bangsa yang siap berkontribusi untuk kepentingan nasional, terutama melalui jenjang karier di sejumlah perusahaan pelat merah.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir beberapa waktu lalu resmi membuka program rekrutmen pegawai BUMN untuk diaspora Indonesia di seluruh dunia. Program rekrutmen bernama Program Bakti Diaspora untuk Indonesia ini melengkapi rangkaian program rekrutmen perusahaan pelat merah yang sedang berjalan, yakni Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi, Kementerian BUMN Tedi Bharata mengatakan, program tersebut merupakan bagian dari strategi jangka panjang Kementerian BUMN untuk menjadikan BUMN Go Global.

“Kami memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi WNI yang sudah menjadi profesional di luar negeri maupun yang pernah menempuh pendidikan formal pada jenjang S1 ke atas di luar negeri untuk berbakti dan berkontribusi bagi bangsa dan negara. BUMN terus menciptakan lapangan pekerjaan melalui rekrutmen pegawai BUMN, khususnya bagi diaspora Indonesia di seluruh dunia dengan nama Program Bakti Diaspora untuk Indonesia,” ujar Tedi.

Sejalan dengan Program Bakti Diaspora untuk Indonesia, Indonesia Financial Group (IFG), BUMN Holding Asuransi, Penjaminan, dan Investasi bersama anggota holding, yaitu PT Jasa Raharja dan PT Jamkrindo turut hadir melakukan sosialisasi terkait peluang kerja di IFG.

Sosialisasi tersebut berlokasi di Flatiron Area dan Konsulat Jendral Republik Indonesia, New York dan Pan Pasific, serta Konsulat Jendral Republik Indonesia, Vancouver, Amerika Serikat pada 9 -14 Juni 2024.

Turut hadir pada program tersebut, antara lain Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko didampingi oleh Direktur SDM dan Umum Jasa Raharja Rubi Handojo dan Direktur MSDM, Umum, dan Manajemen Risiko PT Jamkrindo Ivan Soeparno.

Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko menyampaikan, program ini sangat bermanfaat bagi IFG, khususnya dalam rangka mendapatkan talenta-talenta terbaik dari diaspora Indonesia, khususnya yang memiliki pengalaman dan keahlian di industri asuransi, penjaminan, dan investasi.

“Dengan mandat mendorong perbaikan dan penguatan di IKNB, IFG selalu membutuhkan tenaga-tenaga andal, yang memiliki pengalaman, keahlian, dan jaringan yang luas. Kesempatan ini juga menjadi peluang bagi IFG dan Anggota Holding mendapatkan talenta terbaik yang dapat mendukung tata kelola perusahaan yang prudent, sehat, dan berkelanjutan,” katanya.

Selain IFG, program ini juga melibatkan sebanyak 12 BUMN dan membuka lebih dari 135 lowongan. Pengumuman dan proses rekrutmen program ini dilakukan secara online dengan mengakses website magentaku.id/diaspora. Magenta (magentaku.id) merupakan platform rekrutmen kerja dan magang di bawah koordinasi Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Diharapkan dengan Program Bakti Diaspora untuk Indonesia ini dapat membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi para diaspora, baik yang masih berada di luar negeri maupun yang sudah kembali ke Indonesia untuk berkarir di IFG dan beberapa BUMN lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *