18 Juli 2024

Marketplus.id – Dalam rangka pengembangan UMKM, Kementerian BUMN secara konsisten mendukung perluasan produk UMKM, baik secara online maupun offline, di antaranya melalui penyelenggaraan Bazar UMKM untuk Indonesia.

Di sepanjang tahun 2024, Kementerian BUMN mengagendakan 13 kali Bazar UMKM Untuk Indonesia yang diselenggarakan di 8 kota besar di Indonesia, yaitu di Jakarta, Bandung, Medan, Bali, Balikpapan, Jayapura, Makassar, dan Labuan Bajo. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Bazar UMKM Untuk Indonesia tahun 2024 dilakukan secara tematik dan lebih menarik.

Melanjutkan kesuksesan KAWFEST 2024 di Sarinah Jakarta pada bulan Mei lalu, Kementerian BUMN mengusung Bazar UMKM untuk Indonesia bertajuk “Festival Jelajah Kuliner Nusantara 2024”, yang diselenggarakan di dua kota secara berturut-turut, yaitu di Bandung dan Medan.

Pada Bazar UMKM untuk Indonesia kali ini didukung oleh Bank Mandiri, Pelindo, Adhi Karya, Permodalan Nasional Madani (PNM), dan Perhutani. Bazaar UMKM untuk Indonesia mengusung tema herbal khas nusantara dengan judul “Herb Euphoria Fest 2024”, yang akan berlangsung di Sarinah, Jakarta pada 20 – 23 Juni 2024 dan Living World Denpasar, Bali pada 27 – 30 Juni 2024.

Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata komitmen Kementerian BUMN bersama-sama dengan perusahaan BUMN dalam mendukung pengembangan UMKM, khususnya UMKM binaan BUMN yang bergerak dalam usaha herbal khas nusantara.

“Kegiatan ini juga diharapkan dapat memberikan edukasi mengenai kekayaan herbal nusantara dan mendorong gaya hidup sehat secara alami, khususnya pada generasi muda Indonesia. Selain itu, juga diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, termasuk pertumbuhan ekonomi di daerah,” lanjut Loto Srinaita Ginting.

Pada hari pertama pelaksanaan Herb Euphoria Fest 2024, pengunjung Sarinah disuguhkan dengan Pawai Herbal Nusantara, yang kemudian dilanjutkan dengan acara pembukaan Herb Euphoria Fest yang ditandai dengan penabuhan alu dan lesung yang dilakukan oleh Loto Srinaita Ginting bersama perwakilan Direksi dari BUMN Penyelenggara serta Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo. Turut hadir dalam acara pembukaan Komisaris Bank Mandiri Loeke

Larasati Agoestina, Komisaris Utama Pelindo Agus Suhartono, Direktur SDM & Umum Pelindo Ihsanuddin Usman, Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Perum Perhutani Dewi Fitrianingrum, Senior Vice President Bank Mandiri Hendrianto Setiawan, Corporate Secretary Adhi Karya Rozi Sparta, serta EVP Pengembangan dan Jasa Management PNM Razaq Manan Ahmad.

Dalam sambutannya mewakili BUMN Penyelenggara, Ihsanuddin Usman menyampaikan turut berbangga bisa terlibat dalam penyelenggaraan Herb Euphoria Fest 2024 sebagai bentuk dukungan BUMN dalam mendukung pengembangan UMKM.

“Herb Euphoria Fest dipilih sebagai tema Bazar UMKM karena produk herbal memiliki pasar yang sangat besar dan Indonesia sebagai negara tropis memiliki sumber daya alam dan budaya pengelolaan herbal yang luar biasa, yang berkontribusi besar terhadap keberagaman produk UMKM lokal. Sebagai anak bangsa, kita harus dukung Herb Euphoria Festival” lanjut Ihsanuddin.

Kegiatan ini diikuti oleh 90 UMKM binaan BUMN Penyelenggara. Ada lebih dari 100 jenis produk olahan herbal, jamu, aromatherapy, makanan dan minuman, beauty and wellness, bahkan produk fesyen ramah lingkungan (eco print) dan kerajinan berbasis bahan-bahan alami yang akan memikat mata pengunjung.

Selain bazar, terdapat beberapa program acara menarik yang dapat diikuti oleh para pengunjung seperti Herbs Talkshowdengan tema “Evolusi Rasa dan Kemasan Jamu dari Berbagai Merk” dan “Herb & Spices to Reboost Your Business”dengan narasumber yang sudah ahli di bidang herbal. Pada Creative Workshop, peserta yang sudah melakukan registrasi akan mengikuti pembelajaran seru mengenai “Meracik Jamu Khas Nusantara” dengan pemateri Nova Dewi, Founder Suwe Ora Jamu dan “Donut Herbal Rasa Nusantara” dengan pemateri Dwipuspita Pangastuti, Founder Herbsays.

Bazar UMKM kali ini juga akan mengadakan kompetisi meracik jamu dan acara menarik lainnya yang dapat dinikmati pengunjung secara gratis, yaitu Pawai Herbal, Business Consulting, Wellness Program yaitu Free Flow Jamu dan Massage Corner.

Selain itu, acara Bazar UMKM di Sarinah akan ditutup dengan penampilan spesial dari Guest Star, RAN, sedangkan penyelenggaraan Bazar UMKM di Bali akan menghadirkan artis lokal kebanggaan Pulau Dewata yaitu Meiska Adinda, Jun Bintang, dan Tika Pagraky. Herb Euphoria Fest dibuka secara umum dari pukul 10.00 s.d. 22.00 WIB/WITA tanpa tiket masuk atau GRATIS. Informasi dan agenda kegiatan dapat dilihat melalui akun media sosial resmi Herb Euphoria Fest di Instagram, yaitu @herbphoria.fest.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *