18 Juli 2024

Marketplus.id PT Asuransi MSIG Indonesia (MSIG Indonesia) bersama dengan PT MSIG Life Insurance Indonesia Tbk (MSIG Life) baru saja melaksanakan rangkaian kegiatan dalam rangka kampanye keberlanjutan tahunan dengan tema “Keanekaragaman Hayati dalam Menghadapi Perubahan Iklim”.

Kegiatan berupa Kelas Kreatif Keanekaragaman Hayati atau Biodiversity Fun Class (BDFC) ini berlangsung di tiga lokasi yaitu salah satu sekolah dasar negeri (SDN) di wilayah Tangerang pada 13 Juni, Jakarta Barat pada 19 Juni, dan Bogor pada 20 Juni 2024, dengan peserta murid-murid kelas 5 SD.

Sebagai perusahaan yang peduli dengan keberlanjutan, MSIG Indonesia dan MSIG Life berkomitmen untuk berpartisipasi dalam upaya menahan laju perubahan iklim dengan melestarikan dan melindungi keanekaragaman hayati. Inisiatif ini tidak hanya bertujuan untuk masa depan bumi, tetapi juga untuk generasi mendatang.

Menurut laporan terakhir dari WWF pada 2022, populasi satwa liar telah menurun rata-rata 69% sejak tahun 1970, dengan penurunan yang signifikan terutama pada populasi spesies air tawar yang menurun sebesar 83%. Ancaman terbesar terhadap keanekaragaman hayati ini termasuk hilangnya habitat, eksploitasi berlebihan, dan perubahan iklim.

Lebih jauh, menurut artikel terbaru yang dipublikasikan pada 1 Februari 2024 dari ASEAN Centre for Biodiversity (ACB), populasi satwa liar di Asia Tenggara mengalami penurunan yang signifikan, dengan berbagai ancaman terhadap keanekaragaman hayati di wilayah ini. Selain itu, hutan di wilayah ini terus menurun dengan laju sekitar 8.000 km2 per tahun akibat konversi lahan untuk pertanian dan pemukiman​.

Direktur MSIG Indonesia, Soichiro Tsuchida mengatakan, “Keberlanjutan bukan hanya sebuah konsep bagi kami, tetapi adalah tanggung jawab. Melalui kolaborasi dengan MSIG Life dan dukungan dari berbagai organisasi seperti GNOTA dan Save the Children, kami berusaha memberikan dampak nyata dalam upaya pelestarian lingkungan. Melalui Biodiversity Fun Class, kami tidak hanya mengedukasi anak-anak tentang pentingnya keanekaragaman hayati tetapi juga menginspirasi mereka untuk menjadi pelindung bumi di masa depan.”

Direktur MSIG Life, Ken Terada, menegaskan, ” Kolaborasi MSIG Life dan MSIG Indonesia merupakan investasi nyata untuk masa depan Indonesia yang lebih baik. Sejalan dengan fokus kami dalam memberdayakan keluarga, kami yakin bahwa lingkungan yang lestari adalah fondasi untuk meningkatkan kualitas dan ketahanan hidup keluarga Indonesia, di mana generasi muda berperan sebagai agen perubahan untuk mewujudkan masa depan yang lebih bermakna.”

Sebanyak 24 relawan yang merupakan karyawan MSIG Indonesia dan MSIG Life menjadi pendamping murid-murid saat kegiatan di sekolah. Sebelum kunjungan ke sekolah, para relawan mendapatkan pengetahuan mendalam tentang keanekaragaman hayati dari Amin Suryani, Climate Change Adaptation Advisor dari Save the Children.

Melalui rangkaian kegiatan seperti menonton video pengenalan isu perubahan iklim, kegiatan interaktif dan story-telling tentang jenis-jenis sampah dan pilah sampah, serta percobaan sains sederhana bertajuk “Dampak Efek Gas Rumah Kaca” dan “Dampak Gletser yang Mencair”, anak-anak belajar mengenai dampak perubahan iklim dan pentingnya menjaga keanekaragaman hayati. Rangkaian ini diharapkan memberikan pemahaman mendalam mengenai dampak kegiatan sehari-hari terhadap perubahan iklim dan bagaimana perubahan kecil yang mereka lakukan dapat memberi dampak besar di masa depan.

MSIG Indonesia menyadari bahwa banyak sekolah di daerah pedesaan mungkin tidak memiliki akses ke sumber daya dan kesempatan yang sama dengan sekolah di perkotaan. Dengan mengadakan kelas ini di sekolah-sekolah pedesaan, anak-anak yang sebelumnya tidak memiliki kesempatan untuk belajar tentang pelestarian keanekaragaman hayati dapat dijangkau, terlepas dari lokasi atau status ekonomi mereka.

Upaya ini sejalan dengan misi perusahaan untuk berkontribusi bagi pengembangan masyarakat dan menjaga masa depan bumi, memberikan keamanan dan ketenangan pikiran melalui asuransi dan jasa keuangan global. Menjaga kelestarian bumi dan masa depan yang baik bagi generasi penerus adalah tanggung jawab bersama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *