18 Juli 2024

Marketplus.id Dalam upaya untuk mendukung keberlanjutan dan menjaga kelestarian lingkungan, The Botanica Sanctuary telah menginisiasi berbagai program ramah lingkungan.

Program-program ini tidak hanya bertujuan untuk mengurangi dampak lingkungan negatif, tetapi juga untuk menginspirasi tamu dan industri perhotelan secara keseluruhan.

Salah satu inisiatif utama yang dilakukan oleh hotel ini adalah penggunaan eco burner dalam setiap penyajian buffet. Eco burner adalah alat yang dirancang untuk mengurangi penggunaan energi dan emisi karbon dalam penyajian makanan.

Dengan menggantikan burner konvensional, hotel ini telah berhasil menghemat energi yang signifikan dan telah divalidasi oleh PT Klasse Mitra International.

Sejak September 2021, penggunaan eco burner ini telah berkontribusi pada penghematan 62.200 liter air dan mencegah 1.158 kilogram limbah. Upaya penggunaan eco burner juga berkontribusi besar dalam mengurangi emisi karbon. Selama periode yang sama, hotel ini berhasil mengurangi emisi karbon sebanyak 4,9 ton.

Ini merupakan langkah penting dalam mendukung upaya global untuk mengurangi jejak karbon dan memitigasi perubahan iklim.

The Botanica Sanctuary juga telah mengambil langkah signifikan dalam mengurangi penggunaan plastik dengan menggantikan air mineral kemasan plastik dengan botol kaca. Langkah ini tidak hanya mengurangi jumlah sampah plastik yang dihasilkan, tetapi juga mendorong tamu untuk lebih sadar akan pentingnya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

Salah satu program keberlanjutan lainnya adalah ajakan kepada tamu untuk menggunakan handuk minimal dua kali sebelum meminta penggantian. Inisiatif ini bertujuan untuk menghemat penggunaan air dan energi yang diperlukan untuk mencuci handuk.

Hotel ini telah berhasil mengurangi penggunaan air secara signifikan melalui program ini, mendukung tujuan keberlanjutan jangka panjang.

Selain itu, hotel ini juga mengadakan program daur ulang kertas sebagai aktivitas seru bersama anak-anak. Program ini tidak hanya mengajarkan anak-anak tentang pentingnya daur ulang dan pengurangan limbah, tetapi juga memberikan mereka pengalaman langsung dalam mengolah kertas bekas menjadi barang-barang berguna.

Kegiatan ini mencakup membuat kertas daur ulang, seni kerajinan tangan dari kertas bekas, dan banyak lagi. Melalui aktivitas ini, anak-anak belajar nilai-nilai keberlanjutan dan kreativitas, sambil bersenang-senang.

“Langkah-langkah yang diambil oleh hotel kami menunjukkan komitmen kami terhadap keberlanjutan dan perlindungan lingkungan. Program-program ini tidak hanya berdampak positif pada lingkungan, tetapi juga menginspirasi tamu untuk lebih sadar akan pentingnya praktik ramah lingkungan. Kami berharap dapat menjadi contoh bagi industri perhotelan lainnya untuk mengambil tindakan serupa dan berkontribusi pada masa depan yang lebih hijau,” ungkap Handy Bunardy, General Manager The Botanica Sanctuary.

Dengan mengadopsi dan mengimplementasikan berbagai program keberlanjutan ini, The Botanica Sanctuary telah menunjukkan bahwa industri perhotelan dapat memainkan peran penting dalam upaya global untuk menjaga lingkungan.

Keberhasilan program-program ini memberikan harapan bahwa lebih banyak perusahaan akan mengikuti jejak mereka, menciptakan perubahan positif yang signifikan bagi bumi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *