Marketplus.id — Artotel Group, perusahaan operator manajemen hotel Indonesia, berkolaborasi dengan salah satu kawasan taman wisata terbesar di Indonesia, yaitu Taman Mini Indonesia Indah (TMII) untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap kaum Individu Berkebutuhan Khusus (IBK) dengan mengadakan kegiatan field trip budaya dan seni di TMII pada hari Kamis, 26 September 2024.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang 20 orang rekan-rekan IBK dan trainer dari, Matalesoge HospitABLElity Academy, yang merupakan pusat pelatihan IBK di bidang hospitality.
Matalesoge Center mengakomodasi kebutuhan IBK untuk tidak hanya berlatih kerja, juga mengembangkan minat bakat di bidang seni seperti melukis dan pentas seni.
Kegiatan field trip ini dimulai dengan mengelilingi area TMII sambil dijelaskan mengenai rumah-rumah adat atau anjungan-anjungan daerah di Indonesia serta area ikonik dancing fountain. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan tur pameran seni Rumpang Rimpang Rampung: Towards Shifting Perspective persembahan dari CultureLab Consultancy dan Contemporary Art Gallery TMII.
Yulia Maria, Director of Marketing Communications Artotel Group memberikan keterangan “Sejalan dengan program ESG (Environment, Social, Good Governance) yang dicanangkan Artotel Group sejak tahun 2022, kegiatan ini merupakan implementasi dari aspek sosial program ESG, yang kita sebut The art of goodness in People. Artotel Group berkomitmen untuk menjadi perusahaan operator manajemen hotel yang ramah dan peduli terhadap rekan-rekan IBK, dimana hal ini tidak hanya berupa kegiatan di dalam hotel-hotel kami namun juga memfasilitasi kegiatan di luar hotel seperti field trip ini. Kami juga ingin mengucapkan terima kasih kepada pihak TMII yang menyambut baik ajakan kolaborasi dari kami dan ikut serta mendukung kegiatan ini.”
Intan Ayu Kartika, Direktur Utama TMII, menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. “Kami sangat senang dengan kolaborasi ini. Kegiatan ini juga inline dengan salah satu pilar TMII, yaitu inklusif. Kami percaya bahwa dengan menghadirkan pengalaman budaya dan seni yang inklusif, kita bisa menciptakan ruang di mana semua orang merasa diterima dan dihargai. Ini adalah langkah kecil namun penting untuk membuka akses ke keberagaman budaya Indonesia bagi semua, termasuk individu berkebutuhan khusus. Kami berharap teman-teman IBK dari Matalesoge HospitABLElity Academy, bisa mendapatkan pengalaman baru, serta lebih mengenal dan mencintai budaya Indonesia.”
Tommy Hermanses, CEO Matalesoge HospitABLElity Academy juga memberikan tanggapan “Kegiatan field trip ini adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kami karena, dengan melakukan kegiatan field study ini para trainees dapat mengenal secara langsung beragam budaya yang ada di Indonesia dan juga sekaligus ikut berpartisipasi melihat pameran lukisan yang sedang berlangsung di TMII. Experiental learning adalah metodologi yang dilakukan di Matalesoge Center untuk melatih IBK dalam mengembangkan potensi diri mereka. Ini telah dilakukan dalam beragam kegiatan yang diadakan bersama dan didukung penuh oleh Artotel Group seperti one day training, internship, painting exhibition dan beragam program lainnya. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Artotel Group yang selalu memberikan support kepada kami dan juga kepada pihak TMII yang memfasilitasi acara kegiatan field trip ini.”