18 November 2025
WhatsApp Image 2025-11-18 at 05.27.54

Marketplus.idSWA Media Group bersama Business Digest kembali menyelenggarakan program penghargaan tahunan bertajuk Indonesia Customer Service Quality Award 2025, Indonesia Customer Service Champion 2025, dan Indonesia Service Climate Excellence 2025.

Ajang ini merupakan upaya untuk mendukung serta mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang mampu membangun budaya layanan pelanggan yang inovatif, berdampak dan berkelanjutan.

Kemal E. Gani, Chairman of SWA Media Group dalam sambutannya menyampaikan bahwa Majalah SWA Bersama Business Digest berkomitemn untuk selalu memberikan apresiasi kepada Perusahaan-perusahaan yang memang berhasil membangun iklim layanan  yang unggul dan merupakan bagian dari strategi bisnis.

“Kami berharap service excellence di dalam Perusahaan yang sudah dibangun dan mendapat apresiasi di ajang ini akan dapat terus terjaga dan tumbuh jadi budaya supaya tidak tergerus tantangan apa pun yang dihadapi kedepan,” ujar Kemal.

Ia juga berharap standar pelayanan dalam sebuah bisnis juga akan selalu berbasis pada budaya kerja. Dengan demikian budaya pelayanan akan dapat ditingkatkan dari dalam organisasi Perusahaan dan terjaga dari waktu ke waktu.

“Dengan pelayanan yang unggul ini akan berdampak langsung pada loyalitas pelanggan, mereka secara tak langsung bisa menjadi  ambassador brand kita dan pada akhirnya berpengaruh pada  keberlanjutan bisnis,” lanjutnya.

Acara penghargaan ini kemudian diawali dengan konferensi bertema “Building A Customer-Centric Culture for Sustainable Service Excellence” yang berlangsung di Shangri-La Hotel, Jakarta. Hadir sebagai pembicara Mohamad Yunus, Group Head Customer Contact Center PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk.

Dalam pemaparannya, Yunus membagikan pengalaman best practice XLSMART membangun customer service yang unggul, salah satunya dengan pendekatan hyper personalization services yang dibangun berbasis budaya kerja.

“Di XLSMART salah satu culture dan core value kami yang pertama adalah customer at heart, jadi bagaimana seluruh karyawan kami diminta spiritnya agar setiap hal dia lakukan adalah hal yang berkaitan dengan customer, jadi customer selalu dijadikan pertimbangan pertama dan utama dalam setiap inisiatif dan inovasi apapun, semua dilakukan berdasarkan sudut pandang customer,” jelas Yunus.

Dari budaya kerja dan didukung teknologi digital, XLSMART kemudian membangun layanan customer yang dipersonalisasi, sehingga XLSMART bisa mengetahui secara spesifik profil personal customer dan kebutuhannya sehingga bisa terlayani dengan optimal.

“Dengan demikian customer meresa sangat dimengerti, kemudian juga dari sisi kami pun menjadi lebih optimal, efisien dan konsisten di setiap channel kami,” jelasnya.

Berikut adalah para peraih penghargaan dalam ajang tersebut, untuk Indonesia Customer Service Quality Award 2025 di antaranya Mandiri Agen, KMN EyeCare, Solaria, ANTAM Logam Mulia, BANK BJB, Kalla Toyota, PT AXA Mandiri Financial Services, AXA Insurance Indonesia, PT Mandiri Tunas Finance, PT Bank BCA Syariah, PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk, dan JNE Express.

Indonesia Customer Service Champion 2025 di antaranya PT Bank Central Asia Tbk, PT XLSMART Telecom Sejahtera Tbk, PT AXA Mandiri Financial Services, PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), dan PT Asuransi BRI Life.

Sementara para peraih penghargaan untuk Indonesia Service Climate Excellence 2025 di antaranya PT Centrepark Citra Corpora, PT Kosmetika Klinik Indonesia (MS Glow Aesthetic Clinic), PT Finnet Indonesia, PT Waskita Karya (Persero) Tbk dan PT Elnusa Petrofin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *