23 April 2025
Picture1 copy

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten Jombang, (13/9).

Acara dipimpin oleh Moderator, Muhamad Ridho, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Arief Budiono S.T,M.M , PULUNG SISWANTARA, Indriyatno Banyumurti, Rita Nurlita, S.Sos., M.I.Kom dan Rizky Ardi Nugroho (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Mengeks[resikan Diri Yang Baik Di Media Sosial dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 1382 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Rita Nurlita, S.Sos., M.I.Kom adalah apa benar jejak digital dapat mempengaruhi masa depan kita dan menjadi pertimbangan untuk kita diterima disebuah perusahaan? dan apa jejak digital kita yang sudah bertahun tahun tetap dapat kita hapus?

Rita Nurlita menerangkan, “Ada banyak contoh kasus nyata, di kantor saya terdapat banyak adik-adik yang mendaftar magang dan kita harus melakukan pengecekan terhadap media sosial media untuk melihat jejak rekam digital. Perilaku buruk di dunia digital bisa mempengaruhi penilaian dari perusahaan. Jejak digital merupakan salah satu faktor penilaian suatu perusahaan karena jejak rekam digital kita merupakan cerminan kepribadian kita. Jejak digital memang bisa dihapus tapi hal tersebut tidak menjamin bahwa jejak kita sepenuhnya hilang dari dunia digital karena bisa saja orang lain tetap menyimpan atau menyebarluaskannya”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *