Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Probolinggo, (28/9).

Acara dipimpin oleh Moderator, Muhammad Ilham Perkasa, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Dwi Anggraeni, S.Pd.M.Pd., Iis Hendro Gunawan, Soni “ammho” Mongan, Akhmad Firmannamal, Ph.D., dan Alrido Pradanar,SH.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Literasi Digital Dimulai Dari Sekarang” dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 547 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Soni “ammho” Mongan adalah “Bagaimana upaya yang tepat untuk meningkatkan kesadaran anak terhadap pentingnya etika digital? Dan apakah lingkungan sekitar dengan etika yang tidak baik akan mempengaruhi kepribadian anak dalam beretika didunia nyata maupun didunia maya?”.

Soni “ammho” Mongan mengatakan, “Lingkungan sekitar itu mempengaruhi sekali. Sebenarnya yang berubah hanya teknologi dan alatnya. Namun orangnya dan karakternya tidak boleh berubah”.

Ini ada anak main game sampai jari-jarinya sudah lihai. Kemudian emosinya bisa tidak terkontrol, karena melontarkan kata kotor. Saat kak Ammho tanya apakah kamu tahu maksud perkataan tersebut, ternyata anak ini tidak tahu artinya. Maka kita perlu edukasi, dan tidak menghalangi ia main game, karena bisa hambat perkembangannya, namun saya berikan batasan main game dengan aplikasi otomatis game-nya mati saat sudah mencapai batas waktu.

Ketika berinteraksi dengan baik di dunia nyata, maka bawalah pula saat di dunia digital.”

 

 

Kegiatan ini berlangsung sangat penuh semangat dan tingginya minat para peserta. Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi. Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan e-certificate.

 

Dengan berakhirnya acara kegiatan webinar hari ini, moderator, para narasumber, praktisi dan juga seluruh peserta yang hadir diminta untuk berfoto bersama melalui platform zoom sebagai wujud apresiasi terhadap seluruh narasumber dan juga peserta yang mengikuti kegiatan webinar ini.

 

Terima kasih kami haturkan untuk gotong royong seluruh pihak yang telah mengabarkan, mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

 

Bagi masyarakat, terus update yuk literasi digital mu dan jangan lupa untuk terus mengikuti webinar kita ya!. Gunakan juga tagar #MakinCakapDigital dalam setiap postinganmu terkait literasi digital. Untuk informasi kegiatan selanjutnya, kunjungi akun Instagram @literasidigitaljatim1 dan website event.literasidigital.id. Salam Literasi Digital dan terima kasih.