Marketpltplus.id – Penyelenggaraan Kegiata Literasi Digital di JawaTimur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Jember, (29/9).

Acara dipimpin oleh Moderator Adelia Rahmawati Putri dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Nur Aini Rakhmawati, Phd., Dr. H. Rosyid Althaf, M.Si., Mp., Aulia Siska, S.Sos, Pradipta Nugrahanto, Nasion Patriotik (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Ciptakan Peluang Melalui Literasi Digital dan masing-masing narasumber berbicara  dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 948 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Dr. H. Rosyid Althaf, M.Si., Mp. adalah Seperti yang kita tahu di Indonesia tolak ukur anak berprestasi adalah saat anak mendapatkan banyak piala dan mendapat ranking disekolahnya. Tetapi di era digital seperti sekarang ini anak dapat mencetak prestasi sesuai sudut pandang mereka. Kemajuan teknologi membawa pengaruh besar pada pola pikir dan kebiasaan mereka. Sebagai orangtua di era digital ini kita harus memahami karakter anak untuk dapat berprestasi menurut sudut pandang mereka. Apa yang perlu kita perhatikan dalam memahami karakter anak untuk dapat berprestasi di dunia digital?

Rosyid Althaf menuturkan, “Saya tidak sepakat apabila prestasi anak dilihat dari rangking atau kejuaraan. Sebagai orang tua, kita harus memperhatikan motivasi dahulu bukan untuk dapat juara. Motivasikan anak supaya percaya diri dalam berbicara didepan umum (Public Speaking), bekerjasama sehingga membangkitkan kemandirian dan karakter yang baik bagi anak”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di JawaTimur I. Kegiatan ini membahas empat  pilar utama Literasi Digital; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), EtisBermedia Digital (Digital Ethics), danCakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu factor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *