Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kota Surabaya, (29/9).

Acara dipimpin oleh Moderator, Salma Nafi, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Achmad Teguh Wibowo, S.Kom., MT, Arief Budiono, , Ulil Albab, Indriyatno Banyumurti, dan Timothy Marbun.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Ciptakan Peluang Melalui Literasi Digital dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 575 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Indriyatno Banyumurti adalah “Adakah tips sederhana untuk memantau aktifitas kegiatan digital anak melalui Gadget kita langsung yang saling terhubung dengan Gadget yang digunakan oleh anak ?”

Indriyatno Banyumurti mengatakan, “Sejauh mana kita bisa seoptimal mungkin mendampingi, kita tidak mungkin standby 24/7. Yang penting komunikasi baik, sehingga apapun yang anak-anak lakukan di dunia digital, mereka akan dengan kesadaran sendiri bercerita pada kita, buat mereka nyaman sehingga kita jadi tempat curhat pertama mereka. Parental control ada google family link, di sana ada kode yang mengkoneksikan. Kita bisa tahu/ monitor sebagian besar kegiatan digital anak, dan bisa mengatur lamanya aplikasi untuk digunakan. Bisa buka s.id/parentalcontrol”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *