Marketplus.id – Perkembangan bisnis online mengalami peningkatan yang cukup baik selama beberapa tahun belakangan. Bagi para konsumen juga untuk mencari barang mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki juga semua dapat ditemukan dengan mudah secara online.

Peluang pada bisnis terbuka lebar untuk siapapun. Namun perlu diingat tidak semua mengalami kesuksesan seperti yang diharapkan, ada yang gagal, ada yang berhasil.

“Untuk keberhasilan yang diraih juga tidak semudah membalikan telapak tangan,” terang Edy Purwanto, Dosen FEB Universitas Wiraraja, dalam Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Kamis (30/9/2021).

Untuk memperoleh keberhasilan dalam bisnis, ini ada beberapa tips jualan online bagi pemula, seperti:

  • Mengenali Nilai Jual dari Produk

Tentu banyak dari pemilik bisnis atau usaha bertanya-bertanya mengenai kelebihan dari produk yang dimiliki? Hal-hal yang sering muncul seperti apakah harganya sudah terjangkau atau apakah kualitasnya sudah cukup baik? Tentu pemikiran tersebut yang paling sering terlintas di benak kita. Dengan pola seperti itu tentu akan membuat berpikir lebih keras, karena mencari jawaban terkait nilai jual produk atau unique selling points (USP). Dengan memahami serta mengetahui mengenai unique selling point yang kita miliki tentu nantinya akan memiliki peran penting sebagai pembeda bisnis kita dengan kompetitor. Untuk menemukan apa Unique Selling Point yang kita miliki dapat memposisikan diri sebagai calon konsumen.

  • Membuat Website/Blog Toko Online Sendiri

Marketplace ini memang relatif lebih mudah untuk digunakan dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membuat akun dan memulai bisnis. Tetapi, justru dengan kemudahan itu membuat marketplace ini memiliki banyak pesaing yang tentunya berebut calon pelanggan dan akhirnya membuat kita memasang harga yang termurah hingga membutuhkan waktu yang lama untuk membangun reputasi melalui rating dan review. Namun, setelah melakukan proses tersebut brand kamu tetap belum dikenal secara baik. Mereka tentu hanya mengingat marketplace yang digunakannya dibandingkan dari merk produk milik kita. Karenanya penting untuk memiliki website sendiri untuk lebih mengenalkan merk serta produk.

  • Mempelajari dan Memahami Data

Data adalah salah satu hal terpenting dalam bisnis. Dengan mempelajari data yang berkaitan dengan bisnis terutama terkait data soal penjualan dan data yang berhubungan dengan upaya promosi.

  • Gunakan Content Marketing

Content marketing merupakan suatu teknik promosi yang bertumpu pada pembuatan konten. Konten yang dibuat harus relevan, mengerti mau konsumen, bermanfaat dan tentunya menarik audiens dalam jangka panjang. Semakin informatif dan menarik isi dari konten tersebut, maka akan semakin besar juga kemungkinan untuk ditemukan oleh konsumen. Tetapi, informasi yang diberikan melalui konten ini juga tidak hanya harus informatif dan menarik tetapi, harus dioptimasi menggunakan SEO atau Search Engine Optimization.

  • Aktif di Media Sosial

Salah satu tips jualan online yang paling ampuh adalah ini. Walaupun kita sudah memiliki website dan blog untuk memasarkan produk atau jasa kita, jangan lupa untuk tetap menggunakan sosial media untuk mempromosikannya lagi. Mengapa tetap harus menggunakan sosial media? Dari sini dapat berkomunikasi lebih baik kepada calon pelanggan. Setelah melakukan komunikasi, tentu para calon konsumen akan merasa lebih dekat dengan penjual.

  • Berikan Promo

Promo ini sangat ampuh apabila digunakan untuk mereka yang baru memiliki usaha yang fokusnya mencari perhatian calon konsumen. Namun, saat memberikan promo ini perlu tahapan yang harus dilakukan tidak asal memberikan promo. Maksud asal di sini adalah memberikan promo tanpa memperhatikan biaya serta pemasukan yang tidak berbanding sehingga bukannya membuat untung tetapi malah buntung.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, Kamis (30/9/2021) juga menghadirkan pembicara, Annysa Nur Mala sari (Dosen Rekam Medis dan Informasi Kesehatan), Dhogi Dofiri (Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid Pamekasan), Ridan Muhtadi (Dosen FEB IAI Miftahul Ulum Pamekasan & Kepala Dept. Riset Madura Idea Foundation), dan Meitha Kurniasari (Experienced Secretary to BOD) sebagai Key Opinion Leader.