Marketplus.id – Indonesia tengah bergulat dengan krisis sampah yang terus meningkat dengan posisi sebagai salah satu negara penyumbang sampah terbanyak di dunia. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan berdasarkan data di Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN) pada tahun 2023, Indonesia telah menghasilkan 18 juta ton sampah dan 19 persen di antaranya adalah sampah plastik.

Menanggapi tantangan lingkungan yang mendesak ini, PT Sinar Sosro pada tahun 2023, menggagas Gerakan DAURI (Daur untuk Negeri) yang merupakan gerakan berkelanjutan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya mendaur ulang kemasan minuman di kalangan konsumen Indonesia.

Gerakan DAURI dilaksanakan di 100 restoran HokBen yang tersebar nasional, melalui kolaborasi ini PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak, mengajak konsumen restoran HokBen untuk lebih peduli menyetor kembali ‘kemasan minuman, makanan, dan alat alat makan satu kali pakai’ untuk kemudian didaur ulang menjadi barang yang dapat digunakan kembali oleh masyarakat

Sabrina Kharisanti, Chief Marketing Officer PT Sinar Sosro, menyatakan optimismenya tentang kemitraan ini, “Sosro berkomitmen untuk berpartisipasi aktif dalam upaya untuk mengurangi dan memilah kemasan minuman serta makanan paska konsumsi. Bersama HokBen dan Tetra Pak, kami berkolaborasi dan memperpanjang jangkauan Gerakan DAURI dalam meningkatkan kesadaran masyarakat dan menanamkan praktik pengelolaan sampah yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.”

Sebagai bentuk komitmen ini, PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak memulai pendekatan inovatif untuk mengatasi permasalahan sampah dengan meletakkan dropbox yang dibuat dari bahan polimer dan aluminium (PolyAl) daur ulang dari kemasan karton bekas minum. Semua kemasan karton bekas minum yang terkumpul akan dipilah di fasilitas HokBen sebelum dikirim ke pabrik daur ulang.

“Sosro adalah mitra kami selama bertahun-tahun. Melalui Gerakan DAURI, HokBen ingin menumbuhkan kebiasaan penanganan dan pengelolaan sampah yang berkelanjutan kepada pelanggan kami. Sebagai restoran yang melayani hingga 50,000 pelanggan setiap hari, HokBen dapat berkontribusi nyata dalam mendukung upaya pemerintah mengurangi sampah yang lebih luas,” sambut Sugiri Willim, Direktur Marketing PT Eka Bogainti, perusahaan yang memiliki dan mengelola seluruh gerai HokBen yang tersebar di pelosok Indonesia.

Kemitraan dengan Gerakan DAURI mendorong keterlibatan pelanggan HokBen melalui insentif inovatif, yakni apresiasi berbasis kode QR. Pelanggan yang membeli paket/menu HokBen take away dan dine-in dapat memindai kode QR untuk mendaftarkan diri, mendata kemasan minuman dan makanan, serta alat-alat makan satu kali pakai yang disetorkan, dan mengumpulkan poin. PT Sinar Sosro, HokBen, dan Tetra Pak menyiapkan apresiasi bagi pelanggan yang mencapai jumlah poin tertentu dan dapat ditukarkan dengan merchandise, seperti notebook, holder untuk smartphone yang dibuat dari materi daur ulang, hingga paket menu HokBen.

Acara peluncuran kerjasama Gerakan DAURI ini juga dimanfaatkan untuk memperkenalkan paket Bento Ramadan yang akan berlaku di seluruh gerai HokBen. Paket Bento Ramadan terdiri dari 4 pilihan untuk menemani menu berbuka puasa yang sehat dan lezat. Empat paket tersebut terdiri dari:
● Bento Ramadan 1, dengan menu yang tersedia yaitu Beef Teriyaki, Kaarage Umakara, Tsumire Soup, Nasi, Salad dan Tehbotol Sosro dengan harga Rp 70.000,-/nett
● Bento Ramadan 2, terdiri dari Chicken Teriyaki, Curry Minche Ball, Tsumire Soup, Nasi dan Salad serta Tehbotol Sosro, dengan harga Rp 58.000,-/nett
● Bento Ramadan 3, terdiri dari Butter Miso Beef, Egg Chicken Roll, Tsumire Soup, Nasi dan Salad serta Tehbotol Sosro, dengan harga Rp 70.000,-/nett
● Bento Ramadan 4, terdiri dari Chicken Katsu, Tori Ball, Creamy Ebi Korokke, Tsumire Soup, Nasi dan Salad serta Tehbotol Sosro dengan harga Rp 58.000,-/nett
*Untuk menu Salad tersedia khusus dine-in

Tetra Pak Indonesia bangga menjadi salah satu mitra utama Gerakan DAURI. “Di Tetra Pak, kami percaya bahwa untuk mencapai masa depan kemasan makanan yang berkelanjutan diperlukan pendekatan rantai nilai penuh terhadap sirkularitas. Kami percaya inisiatif kolaboratif seperti Gerakan DAURI dimana berbagai mitra industri berkumpul dengan tujuan bersama dalam mengambil tindakan proaktif dalam daur ulang, akan berkontribusi pada ambisi nasional dalam mencapai ekonomi sirkular rendah karbon,” kata Tommy Srihartoyo Soetoyo, Direktur Tetra Pak Indonesia.

“Bersama Gerakan DAURI, PT Sinar Sosro akan terus mengajak para mitra untuk bersama-sama bekerja mendukung prinsip reduce, reuse, dan recycle yang dicanangkan pemerintah Indonesia. Serta berpartisipasi dan berperan aktif dalam pengelolaan sampah yang lebih baik. untuk masa depan bangsa Indonesia dan dunia yang lebih cerah dan kami percaya bahwa untuk dapat mempertahankan eksistensi bisnis, Perusahaan perlu melakukan prinsip-prinsip pembangunan yang berkelanjutan,” pungkas Sabrina.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *