22 Agustus 2025
Picture1 copy

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kota Surabaya, (26/10).

Acara dipimpin oleh Moderator, Mirda Tri Aries Chandra, S.Pi., CPS®, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Anjani Amitya Kirana, BES., Dr. Lilik Hamidah, S.Ag., M.Si., Aulia Siska, S.Sos., B.Sc. (Hons) Muhammad Yusuf Satria, MBA., MM., dan Ismaya Dwi Agustina.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Urgensi Literasi Digital Untuk Masa Depan Indonesia dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 565 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Lilik Hamidah, S.Ag., M.Si. adalah Seperti yang kita tahu, Indonesia memiliki keberagaman budaya yang melimpah. Setiap daerah mempunyai kebudayaannya tersendiri. Namun, sayang generasi muda di era digital ini kurang mempromosikan budaya kita sendiri, padahal penting untuk generasi selanjutnya. Generasi muda sekarang ini lebih banyak mempromosikan kebudayaan-kebudayaan luar. Apa yang harus generasi muda lakukan di era digital ini untuk mempromosikan kebudayaan Indonesia? Dan bagaimana menyadarkan generasi muda bahwa mewariskan budaya itu penting untuk generasi selanjutnya?

Lilik Hamidah menjelaskan, “Di era digital ini merupakan kesempatan emas untuk memperluas jaringan dan mewarisi budaya Indonesia. Banjiri terus sosial media dengan budaya dan informasi yang baik. Saling menghargai dengan memberi apresiasi dan komentar yang baik kepada karya orang lain”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *