Marketpls.id – Penyelenggaraan Kegiata Literasi Digital di JawaTimur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Jombang, (6/11).

Acara dipimpin oleh Moderator Nabil Arijala Survito A dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu  M Donny Ardyansyah, S.STP., MM., Dendys Darmawan, M.Sc., Oktora Irahadi, Tio Utomo, Clarita Mawarni Salem (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Digital Space Yang Sesuai Untuk Anak dan masing-masing narasumber berbicara  dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 754 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber  M Donny Ardyansyah, S.STP., MM.  adalah Kesehatan Mental saat ini menjadi isu hangat ditengah masifnya penggunaan media digital, cyberbullying adalah salah satu faktornya, langkah cepat apa yang perlu dilakukan orang tua saat mengetahui anak terkena efek buruk cyberbullying?

M Donny Ardyansyah menuturkan, “Jangan mengiterogasi namun harus bertanya dengan halus agar kita menerima informasi secara keseluruhan. Dan apa yang mereka rasakan akan kita pahami dan rasakan juga. Kemudian apabila informasi sudah terkumpul kita bisa melaporkan atas dasar informasi yang didapat dan libatkan pihak guru, dampigi anak supaya jauh dari para pelaku kejahatan, sehingga Tidak ada celah sedikit pun. Beritahu dan Minta  anak melaporkan hal-hal yang tidak menyenangkan. Simpan bukti kejahatan seperti screenshot, dll.  Untuk mengapresiasi para peserta yang bertanya mendapatkan doorprize sebagai bentuk apresiasi.  Dan juga seluruh peserta webinar yang hadir mendapatkan e-certificate”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di JawaTimur I. Kegiatan ini membahas empat  pilar utama Literasi Digital; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), EtisBermedia Digital (Digital Ethics), danCakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu factor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.