Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiata Literasi Digital di JawaTimur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Jember, (10/11).
Acara dipimpin oleh Moderator Nazia Retno Nayenggita, S. Hum dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Dyah Kusworini Indriaswati, Skm., Msi., Pradipta Nugrahanto., Oktora Irahadi, Kukuh Pribadi, S.I.Kom., M.A, Rizky Ardi Nugroho (KOL).
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Mengasah Hobi Melalui Dunia Digital dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 113 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Dyah Kusworini Indriaswati, Skm., Msi. adalah anak milenial jaman now rata rata sudah pintar menggunakan handphone dan internet namun jarang yang mampu memaksimalkan manfaat internet, media sosial dan bermental kreatif serta inovatif. Bagaimana caranya agar kita mempunyai mental yang kreatif, positif, dan inovatif didunia didigital sehingga bisa memaksimalkan penggunaan gadget, internet, dan sosmed?
Dyah Kusworini Indriaswati menuturkan, “Penggunaan internet harus disesuaikan dengan usianya (misal; baita, remaja, dll). Untuk usia balita, orang tua sudah harus selektif memberikan tontonan yang edukatif, memilih program khusus bagi anak di platform youtube, dll. karena anak balita sekarang sudah banyak yang memakai handpone, maka disini peran orangtua sangat penting. Kita bisa membukakan pelajaran mengaji di internet, misalnya. Untuk Usia remaja sudah mampu menyaring mengenai tugas sekolahnya, blog, website. Memang harus disesuaikan dengan minat dan hobby anak dan harus adanya pendampingan oleh guru dan orang tua”.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di JawaTimur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), EtisBermedia Digital (Digital Ethics), danCakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu factor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.