30 Juni 2025
Picture1 copy

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Gresik, (13/11).

Acara dipimpin oleh Moderator, Mirda Tri Aries Chandra, S.Pi., CPS®, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Moch. Anang Karyawan, ADULLAH KHOIR RIQQOH, Oktora Irahadi, Rita Nurlita, S.Sos., M.I.Kom. dan Anindito Wisnu Sampurno.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Masih Adakah Privasi Di Dunia Serba DigitaL” dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 964 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Oktora Irahadi adalah Dengan banyaknya media sosial yang berkembang, setiap media sosial berlomba-lomba untuk terus mengembangkan media sosial sehingga sekarang banyak media sosial yang menambahkan fitur market place agar pengguna media sosial dapat melakukan kegiatan berbisnis secara online melalui media tersebut. Apakah dengan kita menggunakan berbagai platform market place yang ada sekarang untuk memasarkan produk atau jasa yang kita jual menjadi sangat efektif dalam strategi berbisnis secara online? Bagaimana yang harus kita lakukan dan siapkan untuk menentukan strategi berbisnis online secara efektif dengan kondisi banyaknya platform market place yang ada?

Oktora Irahadi memaparkan, Perhatikan strategi yang dapat dilakukan bisnis online :

–      Perhatikan pemasangan harga

–      Masuklah ke berbagai platform market place

–      Tambah usaha promosi di dalam usaha yang dijalankan.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *