Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Jombang, (17/11).
Acara dipimpin oleh Moderator, Safira Dwi Siwi, S.Ds., dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu M. Jauharul Afif Lc., M.Ag., M.Pd, Iis Hendro Gunawan, Dr. Havid Han, M.M, Bagaskoro, S.Kom., MM. dan key opinion leader Rizky Ardi Nugroho.
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Menumbuhkan Literasi Digital dalam Keluarga dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 559 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Iis Hendro Gunawan adalah Menanamkan budaya literasi digital kepada anak bisa dikatakan cukup sulit, karena memang sudah beda generasi dalam keberadaban era. Terlebih disini, peran orangtua sangat penting untuk memberikan pemahaman khusus bagi anak akan plus minus dunia digital dan bijak dalam menggunakanya. Bagaimana cara yang tepat untuk menumbuhkan Growth Mindset pada anak agar semakin berintegritas? Agar anak dapat bijak bermedia sosial dan berbudaya dalam memanfaatkan ruang digital sebagai tempat yang kreatif untuk produktif.
Iis Hendro Gunawan mengatakan, “Anak-anak jaman sekarang sangat mudah untuk memiliki growth mindset karena hidup di era disruptif ini yang perlu diperhatikan adalah time exit untuk akses digital dari anak-anak, yang mana perlu diperhatikan dalam disini waktu penggunaan dari perangkat yang digunakan. dengan acara ini, tentu membantu kepolisian mengurangi kasus hukum terkait penyebaran Hoaks”.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.