18 Juli 2024

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Sidoarjo, (17/11).

Acara dipimpin oleh Moderator, Luana Yunaneva, S.I.Kom., CPS®️, CHt., dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Royyan Nobeel, Esa Kartika Dewantari Samudra, S.Psi.,C.Ht, Ranny Afandi, SP, Rane Hafied dan Praseno Nugroho (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Menumbuhkan Literasi Digital Dalam Keluarga dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 239 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Ranny Afandi, SP adalah, Bagaimana peran kita sebagai orang tua untuk selain membantu untuk mengembangkan bakat dan minat anak kita untuk bisa beprestasi tetapi juga membentengi anak kita terkait maraknya penyimpangan etika dalam berdigital yang dibawa atau didapat dari internet karna kita sebagai orangtua juga tidak bisa continue dalam mengarahkan anak kita?

Ranny Afandi mengatakan, “Jangan pernah menyepelekan usia anak, karena sebenarnya anak-anak bisa mengerti. Apalagi anak sudah bisa diajari etika sejak usia dini. Misal: berbicara dengan baik dan sopan. Selain itu, kita bisa memberikan edukasi atau literasi digital dalam situasi yang santai, sesuai dengan gaya bicara sesuai dengan usia anak”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *