Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Kediri, (17/11).

Acara dipimpin oleh Moderator, Nazia Retno Nayenggita, S. Hum, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Ari Nurfarida,S.Pd.I., M.Pd, Sawitri Wulansari S.Psi, MM, Aulia Siska, S.Sos, Rezha Sahhilny Amran dan Meyrinda Tobing, S.Pd., CPS.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Menumbuhkan Literasi Digital Dalam Keluarga” dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 584 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Rezha Sahhilny Amran, adalah terkait peluang profesi milenial, untuk kita sebagai kaum milenial sendiri terkadang bingung atau masih sulit dalam mencari pekerjaan impian, Bagaiamana tips terkait untuk kita bisa mempromosikan diri kita kepada kerjaan impian kita terkait bagaimana skill yang kita miliki?

Rezha Sahhilny Amran menuturkan, “Kita harus memiliki growth mindset bahwa kita harus bisa bekerja tidak hanya di bidang kita geluti, bukalah mindset untuk opportunity yang lain. Akan lebih baik lagi jika kita bisa menguasai skill-skill pendukung pekerjaan utama kita. Zaman sudah berubah, jika dahulu melamar pekerjaan harus mencetak CV, namun sekarang harus menyusun personal branding di ranah digital, misalnya Linkedin. Bisa juga diiringi dengan menshare ke media sosial tentang keahlian kita (showcase) yang sedang kita tekuni. Jaman sekarang jika kita memiliki personal branding yang baik, hal itu bisa membuka kesempatan-kesempatan baru. Sandingkan kemampuan atau bakat dengan kecakapan digital”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.