
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Kabupaten Jember, (22/11).
Acara dipimpin oleh Moderator, Safira Dwi Siwi, S.Ds., dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Ratna Nurwindasari, M.Psi., Psikolog, Viki Yossida, Ulil Albab, Elly Nurul, dan Rizky Ardi Nugroho.
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Dari Hobi Menjadi Bisnis dengan Digital dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 227 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Viki Yossida adalah Di era digital 4.0 disaat ini, dimana kita merubah budaya kita dari yang konvesional ke berbasis online, dimana kita diberi kemudahan untuk mengakses segala hal dalam internet. Bagaimana cara kita untuk memanfaatkan peluang usaha UMKM lewat internet yang sudah ada serta produktif untuk menambah penghasilan?
Viki Yossida mengatakan, “Era internet bisa memperluas pasar, masuklah ke dalam beberapa forum atau entrepreneur expo. Ada begitu banyak webinar dan forum yang ada di internet yang bisa bergabung secara gratis dan online, karena begitu banyak informasi untuk pengembangan SDM maupun pengembangan bisnis sendiri”.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.