Marketplus.idPT Asuransi Kredit Indonesia atau yang lebih dikenal sebagai Askrindo menggelar kegiatan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar bagi 34 Guru PAUD yang berasal dari 34 Propinsi di seluruh Indonesia, termasuk didalamnya guru PAUD yang berasal dari wilayah 3T.

Askrindo yang merupakan anggota Holding Perasuransian dan Penjaminan Indonesia Financial Group (IFG), melaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi atas jerih payah para guru PAUD sebagai pahlawan tanpa tanda jasa dalam mengabdikan dirinya di bidang pendidikan Indonesia.

Kegiatan ini berlangsung selama satu minggu dari tanggal 13 sampai dengan 18 Desember 2021 yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Orchardz, Kemayoran. Diklat tersebut merupakan Diklat Berjenjang pada Tingkat Dasar yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan/atau penguasaan keterampilan dasar dalam pengasuhan dan pendidikan anak usia dini yang dilakukan dengan mengoptimalkan penggunaan teknologi informasi berbasis internet dengan moda kombinasi antara daring dan luring.

Kun Wahyu Wardana selaku Direktur Kepatuhan, SDM dan Manajemen Risiko Askrindo yang hadir pada pembukaan Diklat mengatakan, penyelenggaraan Diklat ini dilatarbelakangi oleh pendidikan guru PAUD yang 50 persen merupakan tamatan SMA sederajat.

“Kami melihat masih banyak guru PAUD, terutama yang berada di wilayah 3T diantaranya berasal dari daerah Gorontalo ( Boelemo), Sumatra Barat (Mentawai), Sumatra Utara (Nias Selatan),Nusa Tenggara Timur (Manggarai Timur), dan Maluku (Pulau Seram), yang belum memahami secara utuh metode pembelajaran dan pola asuh bagi anak usia dini. Selain itu, melalui Diklat ini kami juga turut mengundang guru PAUD di wilayah 3T dan ingin memberikan wawasan yang lebih tepat tentang tahapan perkembangan anak usia dini, sehingga nantinya guru PAUD dapat memberikan pengajaran dengan tepat dan dapat diterima oleh anak-anak,” ucap Kun.

Diklat Berjenjang merupakan salah satu program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Askrindo sebagai penyelenggara Diklat tersebut bermaksud agar guru PAUD memiliki sertifikasi yang diakui dan terstandar. Kun menambahkan, melalui Diklat ini para peserta nantinya akan mendapatkan sertifikat dari Kemndikbudristek dan diharapkan menjadi sebuah pengakuan atas kualifikasi guru PAUD yang kompeten.

“Tidak dipungkiri guru PAUD merupakan sebuah profesi mulia, yaitu memberikan pengajaran, pendidikan yang paling dasar, pondasi bagi anak-anak dalam pembentukan karakter sejak dini. Oleh karena itu, kami disini ingin mewujudkan generasi emas Indonesia melalui guru PAUD yang juga memiliki kompetensi dan kualifikasi yang mumpuni,” tambah Kun.

Direktur GTK PAUD, Santi Ambarrukmi pada sambutannya di acara tersebut mengatakan, sangat berterimakasih dan mengapresiasi PT. Askrindo yang telah membantu Program Kemdikbudristek pada bidang pendidikan anak usia dini. “Kami berterima kasih dan sangat mengapresiasi yang dilakukan oleh Askrindo pada penyelenggaraan pelaksanaan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar. Saat ini memang masih banyak guru PAUD di daerah-daerah yang belum tersentuh Diklat seperti ini, baik yang diselenggarakan oleh pemerintah maupun swasta,” ucap Santi.

Santi juga menegaskan, kegiatan yang dilakukan Askrindo merupakan pelopor dari kalangan perusahaan melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungannya (TJSL) dalam menyelenggarakan kegiatan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar. Ia berharap kedepannya Askrindo juga dapat mendukung penyelenggaraan Diklat Berjenjang pada Tingkat Lanjut dan Tingkat Mahir guna mewujudkan Guru PAUD yang berkualitas.

Dalam kegiatan ini, turut hadir Ketua Tim Pelaksana PKK Propinsi DKI Jakarta, yang diwakili oleh Istri Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ellisa Sumarlin. Dalam sambutannya, Ellisa sepenuhnya mendukung pelaksanaan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar yang diselenggarakan oleh Askrindo di Jakarta. Ia memberikan semangat bagi seluruh guru PAUD yang berasal dari serluruh Indonesia untuk mampu meningkatkan kapasitas, pengetahuan dan kualitas demi memberikan pengajaran bagi anak-anak yang lebih baik lagi. “Saya sangat mensupport apa yang dilakukan oleh para guru PAUD disni. Mereka datang dari seluruh penjuru Indonesia dengan misi mulia, yaitu meningkatkan kemampuan mereka untuk bisa memberikan pengajaran yang terbaik bagi anak-anak di tempat mereka masing-masing,” ujar Ellisa.

Sebagai informasi, pada penyelenggaraan Diklat Berjenjang ini Askrindo juga turut memberikan bantuan sarana penunjang pembelajaran bagi Guru PAUD berupa 34 unit laptop kepada 34 guru PAUD yang hadir. Laptop tersebut nantinya selain digunakan pada saat Diklat, nantinya juga dapat digunakan oleh guru PAUD dalam memperkenalkan teknologi informasi sejak dini kepada para anak-anak nantinya di tempat masing-masing.