Marketplus.id – Internet telah menjadi keseharian masyarakat, bahkan pada saat pembatasan kegiatan selama pandemi sebagian besar dilakukan secara daring. Anak-anak semoat harus mengalami sekolah online dan akhirnya sering mengakses internet.

“Anak-anak harus didampingi saat memakai internet untuk menghindari dampak negatif yang tidak diinginkan,” kata Founder Parenthink yang juga seorang artis, Mona Ratuliu saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Senin (29/8/2022).

Mona pun mengajak para orangtua untuk memiliki waktu berkualitas mengawasi anak berinternet dengan trik satu jam cerdas bersama untuk membuat kesepakatan tentang penggunaan internet.

1.Orangtua harus mau mendengarkan anak terlebih dulu, dengan cerita pengalaman anak saat memakai internet. Selama 15 menit, tanyakan apakah anak pernah mengalami cyberbullying dan hal menarik apa yang mereka temukan di internet.

2.Orangtua bisa memberikan pandangan terhadap apa yang dialami oleh anak selama 10 menit.

3.orangtua dan anak saling berbagi pengalaman selama 10 menit terkait aktivitasnya berinternet, sisi baik dan buruk di dalamnya. Orangtua bisa berbagi pengalaman yang dialami orang lain di mana internet juga memiliki ancaman kejahatan dari orang tidak dikenal seperti predator anak.

4.Orangtua dan anak bisa sama-sama membuat kesepakatan terkait penggunaan internet selama 20 meniy. Kapan waktu bebas dari gawai dan aturan berapa lama mengakses internet dalam sehari.

5.Selama 5 menit orangtua bisa gunakan untuk merefleksikan diri dan merencanakan aksi mengenai hal-hal yang sudah disepakati bersama.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Managing Director D&D Consulting, Ni Made Suryandari, Pengurus RTIK Pasuruan, Riska Amelia, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL), seorang Public Figure dan Pendiri ParenThink, Mona Ratuliu. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *