14 Desember 2024

Marketplus.id – Pemahaman digital marketing membantu perkembangan bisnis online secara efektif. Setiap individu dapat melakukan promosi di platform digital sesuai budget yang dimiliki. Terpenting jangkauannya lebih luas dibandingkan iklan konvensional.

“Kalau ingin bermain media digital, kita harus lihat dulu. Pangsa pasar yang kita targetkan di mana,” kata Presidium Mafindo, Puji F. Susanti saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, pada Sabtu (10/9/2022).

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial. Sekarang ini banyak netizen memanfaatkan media sosial untuk berjualan online.

Ketika menerapkan digital marketing, lanjut Puji, setiap individu berpeluang mendapat dua keuntungan. Pertama, meningkatkan call to action, sehingga promosi ditujukan untuk menggaet konsumen membeli dagangan.

“Atau kedua, untuk sekadar brand awarness. Kita mengenalkan produk kita kepada konsumen, tapi belum tentu konsumen membeli,” kata Puji.

Individu harus menentukan prioritas. Tetapkan brand  awarness atau call to action terlebih dulu.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Kediri, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Presidium Mafindo, Puji F. Susanti. Kemudian Dosen Fikom Unitomo, Dr. Nur’annafi Farni Syam Maella, S.I.Kom, M.I.Kom, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL), Public Figure, dan Penulis Buku Parenthink, Mona Ratuliu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *