12 Juli 2024

Marketplus.id – Fenomena masyarakat siber berada dalam struktur model komunikasi yang kompleks. Secara mendasar setiap orang dipaksa belajar media literasi yang berbasis pada teknologi sebagai syarat agar tidak hanya bisa menjadi konsumen tapi juga bisa menjadi produsen informasi.

“Masyarakat diharapkan untuk cakap bermedia digital, yang dinilai mampu mengetahu, memahami, dan menggunakan perangkat keras, lunak dalam lanskap digital, mesin pencarin informasi, aplikasi percakapan, media sosial, loka pasar, dan bertransaksi digital,” ujar VP Head of Marketing East Java Bali Nusra PT Indosat Tbk, Heny Tri, saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur pada Jumat (7/10/2022).

Selain itu Heny mengatakan saat ini individu diajak untuk memiliki keterampilan umum di masa depan seperti complex problem saving sebagai kemampuan memecahkan masalah yang asing dan belum diketahui solusinya dalam dunia nyata, serta dapat menjadi problem solver bagi dirinya sendiri.

Kemudian sosial skill berupa kemampuan untuk melakukan koordinasi, negosiasi, persuasi, mentoring, kepekaan dalam memberikan bantuan hingga emotional intelligence, dan process skill yang terdiri dari kemampuan aktif mendengarkan, berpikir logis, bisa memonitor diri sendiri dan orang lain.

Kemampuan system skill juga dibutuhkan di masa mendatang, untuk dapat membuat keputusan dengan pertimbangan cost-benefit serta kemampuan untuk mengetahui bagaimana sistem dibuat dan dijalankan, serta kemampuan cognitive abilities.

Sementara dalam basic digital skills, individu diharapkan bisa mengoperasikan microsoft office, personal online branding dalam media sosial bisa melakukan digital learning di platform, dapat melakukan penyimpanan data hingga converting file format, serta setting up website, blog dan domain untuk bekal menjadi kreator konten, HTML & basic coding untuk membuat tampilan pada web blog.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain VP Head of Marketing East Java Bali Nusra PT Indosat Tbk, Heny Tri, Dosen Praktisi Program Magister UNAIR dan HR Profesional, Rovien Aryunia, Kaprodi Ekonomi Syariah STAI Muhammadiyah Tulungagung, Mei Santi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *