Marketplus.id – Pada awal tahun 2022, HootSuit dan We Are Social merilis data pengguna internet Indonesia yang kini mencapai 204,7 juta, meningkat 2,1 juta dari tahun sebelumnya.

Angka tersebut diyakini akan terus meningkat, di mana semakin tingginya penggunaan internet dan derasnya arus informasi membawa serta berbagai risiko seperti penipuan online, hoaks, cyberbullying dan konten-konten negatif lainnya.

Sementara masyarakat harus mengenal aspek budaya digital yang berperan sebagai landasan karakter warga digital berinteraksi di dunia maya. “Budaya Pancasila sebagai dasar budaya digital Indonesia, di dalamnya ada peran untuk memahami hak-hak digital sebagai warga,” ungkap Relawan TIK Eko Sugiono saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada Senin (10/10/2022).

Salah satunya hak dalam kebebasan berekspresi, di mana masyarakat saat ini sangat senang menggunakan media sosial untuk mengekspresikan diri.

Namun jangan disalahartikan, karena meski ada hak namun di dalamnya ada sebuah tanggung jawab.

“Jangan kebablasan hak yang kita gunakan, yaitu menjaga juga hak-hak dan reputasi orang lain,” kata Eko lagi.

Seperti dalam penggunaan media sosial, warga digital harus bisa menghormati hak orang lain. Tidak menyebarkan privasi, perilaku seperti menandai foto secara masal di media sosial, sekaligus menyebarkan unggahan yang bersifat jualan ke semua orang, hal tersebut tidak mencerminkan budaya Pancasila.

Lebih lanjut ia mengatakan, dunia digital merupakan yang terjadi nyata saat ini. Sebaiknya diisi dengan menjadikannya ruang berbudaya, tempat untuk belajar dan berinteraksi, sekaligus tempat sebagai bangsa yang bermartabat.

Adapun program Makin Cakap Digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika, masyarakat digarapkan bisa melihat kembali Pancasila sebagai pedoman kehidupan sehari-hari yang dapat diaplikasikan dalam aspek budaya digital.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Founder, Komisaris Lenere Business Suites, Eko Prasetyo, Relawan TIK Eko Sugiono, serta Relawan TIK Magelang, Andi Fajar Kurniawan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *