Markertplus.id – Dunia nyata dan digital tidaklah berbeda. Orangtua harus selalu menanamkan pemahaman ini kepada anak-anak. Sehingga perilaku mereka tidak berbeda.

Managing Director D&D Consulting & Founder Assessme.id, Ni Made Sudaryani SSi. MM mengatakan, orangtua harus mengenali karakter anak-anaknya. Sehingga bisa mengetahui kebiasaan mereka ketika berinteraksi di ruang digital. Salah satu caranya dengan berteman di semua media sosial.

“Kita harus secara berkala berkomunikasi dengan anak-anak, untuk mencari tahu apa sih interaksi mereka, tujuan mereka posting, membagikan, atau membuat sesuatu di media sosial atau ruang digital,” kata Sudaryani saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada Senin (10/10/2022).

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Orangtua, lanjut dia, harus selalu melatih anak-anak menerapkan empat landasan etika bermedia digital, yakni kesadaran, integritas, tanggung jawab, dan kebajikan. Sehingga, mereka akan tahu setiap perilaku di ruang digital memiliki dampak panjang.

“Anak-anak kita cerdas. Tahu konsekuensi yang akan didapatkan, tapi harus diingatkan terus menerus oleh orangtua,” kata Sudaryani.

Bagaimanapun, menurut dia, anak merupakan cerminan orangtua. Sehingga apapun yang dilakukan anak-anak, orangtua harus bertanggung jawab. Ketika mereka mulai melenceng harus diingatkan lagi. Jangan pernah abaikan perilaku anak di dunia digital.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Managing Director D&D Consulting & Founder Assessme.id, Ni Made Sudaryani SSi. MM. Kemudian Ketua STIKOSA AWS, Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM, serta mengundang Praktisi Media, Ahmad Fatin Ilfi S.Psi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *