Marketplus.id – Informasi bohong (hoax) tersebar luas di ruang digital. Sehingga setiap indiividu harus berpikir kritis agar terhindar dari berita menyesatkan.

Korwil Mafindo Mojokerto, Cahya Suryani M. A mengatakan, sekarang ini hoax politik sudah bermunculan, mengingat Indonesia menggelar pemilihan umum pada 2024. Di sisi lain, hoax lama juga kembali bermunculan.

“Setelah menerima informasi tersebut, kita harus diam terlebih dulu. Jangan langsung otomatis percaya. Paling tidak beri jeda sepuluh detik. Kita tenangkan diri sepuluh detik. Kalau sudah tenang, kita bisa berpikir kritis atau berpikir lebih lanjut,” kata Cahya saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada Senin (24/10/2022).

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan, We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna, di mana sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Sekarang ini individu dapat belajar periks fakta, sehingga terhindar dari hoax di media digital. Terpenting caari tahu sumber informasi yang didapat. Kemudian, bandingkan dengan informasi tersebut dengan berita-berita di media kredibel.

“Kemudian sering berdiskusi. Jadi setiap informasi tidak diterima sendiri. Ajak diskusi, entah suami, teman, dan lain sebagainya. Itu akan mengasah kemampuan kita untuk berpikir kritis,” kata Cahya.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Korwil Mafindo Mojokerto, Cahya Suryani M. A. Kemudian Kaprodi Ilmu Komunikasi Fikom Universitas Dr Soetomo, Dr. Cand. Zulaikha MSi, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL) dan Presenter, Indy Barends.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *