13 Juli 2024

Marketplus.id – Holding BUMN Pariwisata dan Pendukung, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney berkolaborasi dengan anak usahanya, PT Hotel Indonesia Natour (HIN) siap menyambut wisatawan yang akan menghabiskan waktu libur lebaran dengan mempersiapkan ketersediaan kamar hotel dan berbagai program libur lebaran.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengungkapkan bahwa momentum libur lebaran ini menjadi titik balik bagi akselerasi recovery sektor pariwisata setelah pandemi Covid-19. Diprediksi tahun ini akan lebih banyak pemudik dibanding tahun sebelumnya. Dari 80 juta pemudik di tahun 2022, naik menjadi 123 juta pemudik di tahun 2023 atau naik 44%.

“Kami menyambut baik atas antusiasme masyarakat Indonesia yang akan melaksanakan mudik di libur lebaran ini. Tentu bagi sektor pariwisata ini menjadi kabar gembira, namun dengan menggeliatnya sektor pariwisata ini kita harus ready dari sisi kesiapan fasilitas, amenitas, akomodasi, dan pelayanan untuk memenuhi customer satisfaction”, ungkap Maya.

Hingga saat ini pemesanan kamar baik online maupun offline telah mencapai hampir 60 persen dari yang tersedia di seluruh jaringan hotel HIN. Diproyeksikan puncak okupansi hotel akan terjadi pada hari kedua Lebaran, setelah hari pertama dihabiskan bersama keluarga dan sanak-saudara.

“Data saat ini, Bali masih menjadi highest performance untuk okupansi di Lebaran 2023, yakni sebesar 86% tingkat okupansinya di jaringan hotel yang dikelola oleh HIN”, jelas Maya. Bali menjadi destinasi favorit masyarakat menghabiskan libur Lebaran. Selain Bali, wisatawan juga tersebar di pulau Jawa yang ditunjukkan dengan tingkat okupansi hotel sekitar 65%. Maya menambahkan, untuk region Jawa memiliki tren pemesanan kamar pada last minute.” Persiapan kami lakukan tidak hanya dari sisi operation, lebih dari itu, di hotel-hotel kami sediakan juga beberapa promo yang sangat menarik” tambah Maya.

HIN melalui anak usahanya, Hotel Indonesia Group (HIG), pengelola 32 hotel milik BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia, menawarkan berbagai program promo menarik kepada pelanggan. Diantaranya diskon kamar dengan harga spesial, paket buffet berbuka puasa, paket all you can eat, paket halal bihalal Lebaran, kuliner khas daerah, hantaran dan berbagai acara keceriaan selama bulan Ramadan.

Direktur Utama HIN, Christine Hutabarat, mengatakan wisatawan yang sedang berlibur akan memiliki pengalaman personal yang unik dan autentik bernuansa “Indonesian Hospitality” sejak tiba hingga meninggalkan hotel jaringan HIG. “Hotel Jaringan HIG memiliki sentuhan nuansa Indonesia di setiap touch point nya, misalnya ketika masuk area hotel, aroma, apa yang dilihat, apa yang didengar dan apa yang dirasakan memiliki experience Indonesia,” tutur Christine.

Selama bulan Ramadan ini, jejaring hotel BUMN akan menyajikan makanan khas Nusantara. Christine mengungkapkan, terdapat banyak menu yang selama ini tidak ditemui di hotel dan bisa didapatkan di hotel-hotel yang dioperasikan oleh HIG, seperti ikan bakar dengan bumbu khas daerah, gorengan, kolak. “Menu yang kita sajikan mengunggulkan menu lokal khas masing-masing daerah dengan dikemas lebih berkesan yang tentunya menggugah selera. Menu-menu lokal ini yang kami kembangkan dan inovasikan dengan diolah sedemikian rupa sesuai dengan standarisasi hotel. Seluruh sajian kuliner tersaji dari bahan-bahan segar dan berkualitas.” ungkapnya.

Ketersediaan makanan saat Lebaran, kata Christine, memberikan pilihan untuk tamu yang menginap mengingat akan banyak restoran yang tutup pada saat Lebaran Idulfitri. Selain itu juga, hotel juga menawarkan berbagai paket menginap #LebarandiHIGHotels Aja! dengan harga menarik. Ini merupakan strategi-strategi kami dalam memberikan pelayanan terbaik kepada tamu hotel untuk mencapai customer satisfaction.

Tak hanya itu, HIN melalui HIG juga bekerja sama dengan BRI selama bulan Ramadhan. Bagi pemegang kartu kredit maupun kartu debit yang makan di tempat, bisa mendapatkan promo buy 2 get 1 free untuk paket buffet berbuka puasa dan halal bihalal Lebaran. Terdapat juga diskon 20% bagi pemegang kartu kredit BRI untuk pemesanan hantaran buka puasa maupun Lebaran di jaringan hotel HIG yang berpartisipasi selama 22 Maret-26 April 2023. Dengan berbagai program promo Ramadhan dan Idulfitri yang ditawarkan diharapkan hotel-hotel yang dioperasikan HIG dapat menjadi pilihan utama pelanggan dimanapun berada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *