Mei 19, 2024

Marketplus.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan pekan ekonomi kreatif berbasis komunitas “CElebrASEAN 2023: ASEAN Creative Economy Week” yang berlangsung di kawasan Stasiun MRT Jakarta turut semarakkan KTT ke-43 ASEAN 2023.

Menparekraf Sandiaga saat membuka acara CElebrASEAN di Stasiun MRT ASEAN, Jakarta, Kamis (7/9/2023) mengatakan CElebrASEAN hadir sebagai ruang promosi produk ekonomi kreatif, tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari negara anggota ASEAN lainnya seperti Malaysia.

“Saya yakin ASEAN Matters ini adalah kesempatan kita untuk tidak hanya perusahaan-perusahaan besar yang terlibat tapi UMKM kita, kita tampilkan di CElebrASEAN. Kita harapkan ini juga menjadi selebrasi dari ekonomi kreatif kita,” kata Menparekraf Sandiaga

Menparekraf Sandiaga juga mengucapkan terima kasih dan apresiasinya kepada PT MRT atas inisasinya yang berkolaborasi dengan Pemprov DKI Jakarta, Tourism Malaysia, Tepanas, dan didukung oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

“Koridor ASEAN ini ada enam ribu (pengguna MRT) perhari dan sekarang (secara keseluruhan) sudah kembali lagi ke angka sebelum pandemi 100 ribu pengguna MRT perhari. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi produk UMKM. Mudah-mudahan dengan kolaborasi ini bisa terus mendorong kemajuan dari ekonomi kita,” kata Menparekraf Sandiaga.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga menceritakan dirinya terus mempromosikan pariwisata Indonesia dan mengajak kepala negara dan para delegasi yang terlibat dalam KTT ke-43 ASEAN agar berwisata di Indonesia saja.

“Dari Korea saya sampaikan bahwa di wilayah Jawa Barat khususnya Lido sangat baik untuk lokasi syuting. Australia sudah menjajaki untuk extend ke Malang agar bisa melihat KEK Singosari. Kemudian untuk Bali semua delegasi ingin berangkat ke sana,” ujarnya.

“Tapi untuk Vietnam, Laos, Thailand saya ajak ke Borobudur untuk ‘umrohnya’ mereka kan di sana, di Borobudur, jadi ini kami ingin ajak supaya kunjungan mereka lebih lama, lebih berkualitas, dan lebih bisa berdampak terhadap ekonomi lokal,” kata Sandiaga.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT. MRT Jakarta Muhammad Effendi mengungkapkan bahwa PT. MRT Jakarta tidak hanya menghadirkan layanan transportasi yang aman dan nyaman. Tapi juga memberikan wadah bagi pengusaha khususnya UMKM.

“Karena kami punya space, dan Kemenparekraf punya UMKM jadi kita padukan, kita kerja sama di situ. Mudah-mudahan dengan CElebrASEAN kita bisa memberdayakan UMKM,” kata Effendi.

Bagi pengguna transportasi MRT serta masyarakat luas yang ingin menjadi “Rojali” rombongan yang jadi beli, dapat mengunjungi Stasiun MRT Bundaran HI dan Skybridge MRT ASEAN, karena CElebrASEAN berlangsung hingga 9 September 2023.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *