Marketplus.id Masjid Istiqlal dan Pepsodent telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama pada Desember 2023 untuk membuat program peningkatan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut terutama di bulan Ramadan.

Sebagai bagian dari kelanjutan kolaborasi tersebut, pada Selasa (5/3) Program Senyum Sehat Indonesia hadir di dua lokasi, yaitu Madrasah Masjid Istiqlal dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) FKG-P Kampus Universitas Trisakti, Jakarta.

Program ini berlangsung dari 5 hingga 7 Maret 2024 dengan melibatkan lebih dari 1.000 anggota Komunitas Masjid Istiqlal.

Hadir pada pembukaan program, Kepala Sekretariat Masjid Istiqlal, Drs. Mubarok, M.Sc., Direktur Madrasah Istiqlal, KH Taufik, Dekan FKG Universitas Trisakti, drg. Wiwiek Poedjiastoeti, M.Kes, Sp. BM, Ph.D., dan Direktur RSGM-P FKG Universitas Trisakti, Dr. drg. Mita Juliawati, MARS serta Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia, drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc.

Program ini dikemas dalam sejumlah kegiatan, antara lain edukasi dan perawatan kesehatan gigi dan mulut tanpa biaya serta sikat gigi bersama. Program perawatan gigi gratis di Mesjid Istiqlal dilakukan di mobil keliling gigi dari RSGM Universitas Trisakti diikuti oleh karyawan dan keluarga Masjid Istiqlal, siswa Madrasah Istiqlal. Sementara  santri dari Pesantren Al Washilah serta siswa SMK Pluit Raya dimobilisasi untuk mendapat perawatan langsung di RSGM FKG Trisakti

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mengatasi tantangan kesehatan gigi dan mulut yang masih dihadapi masyarakat di Indonesia, khususnya yang ada di Provinsi DKI Jakarta.

Selain itu, bulan Ramadan kerap kali membawa perubahan pola makan yang dapat berdampak pada kesehatan gigi dan mulut, termasuk munculnya panas dalam dan masalah napas kurang segar, menjadikan perlunya menjaga kesehatan gigi dan mulut saat menjalani puasa.

Kepala Sekretariat Masjid Istiqlal, Drs. Mubarok, M.Sc. dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas program yang dijalankan Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent ini dan sekaligus berterima kasih kepada Universitas Trisakti sebagai perwakilan dari perguruan tinggi.

“Kami menyambut baik program ini dan berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat. Kita tahu bahwa fasilitas yang menunjang kesehatan gigi dan mulut sudah semakin membaik, namun kerap kali identik dengan kata mahal. Program ini sangat baik, apalagi komunitas Istiqlal bisa mendapatkan perawatan gigi tanpa biaya. Mengingat sebentar lagi akan masuk Ramadan, saya kira penting untuk menjaga kesehatan terutama terkait gigi dan mulut. Mudah-mudahan program ini bisa memberikan manfaat untuk semua pihak, serta kerja sama bisa terus berlanjut,” papar Drs. Mubarok.

Drg. Wiwiek Poedjiastoeti, M.Kes, Sp. BM, Ph.D selaku Dekan FKG Universitas Trisakti      mendukung kegiatan pelayanan kepada masyarakat ini karena sejalan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pilar Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Unilever Indonesia sebagai mitra yang mendukung program ini sehingga Program Pengabdian Kepada Masyarakat bisa berjalan. Semoga program ini berjalan dengan lancar serta memberikan manfaat untuk masyarakat,” lanjut drg. Wiwiek.

Sementara itu Dr. drg. Mita Juliawati, MARS selaku Direktur RSGM-P FKG Universitas Trisakti menyampaikan sejumlah tips guna menjaga kesehatan gigi dan mulut di bulan Ramadan, seperti pentingnya menyikat gigi setelah sahur dan malam sebelum tidur/sesudah tarawih serta jangan       lupa menyikat lidah.

Mita juga menyarankan untuk mengurangi asupan makanan manis dan lengket, serta melakukan kontrol ke dokter gigi sebelum memasuki bulan Ramadan agar dapat menjalani bulan suci dengan kondisi yang lebih sehat.

Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc., Head of Professional Marketing Personal Care Unilever Indonesia mengatakan, “Selama 90 tahun hadir di Indonesia, Pepsodent terus mewujudkan misinya guna mendukung edukasi serta perawatan kesehatan gigi dan mulut. Menilik data Riskesdas 2018 dimana hanya 2,8% orang Indonesia yang menyikat giginya di waktu yang tepat, menyebabkan 7 dari 10 orang mengalami gigi berlubangi, program ‘Senyum Sehat Indonesia’ merupakan satu upaya nyata dalam mengurangi permasalahan gigi dan mulut di Indonesia, termasuk di DKI Jakarta.” Lebih lanjut, Riskesdas juga memperlihatkan hanya 2,74% penduduk DKI Jakarta yang mempunyai perilaku menyikat gigi di waktu yang tepat, yakni setelah sarapan dan sebelum tidur.

Program ‘Senyum Sehat Indonesia’ juga hadir di Sekolah dan Pesantren dengan tujuan menanamkan kebiasaan menyikat gigi sejak dini pada saat pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur sesuai rekomendasi FDI (Fédération Dentaire Internationale). Unilever Indonesia melalui brand Pepsodent telah melakukan program edukasi dan pemberian perawatan gigi tanpa biaya sejak tahun 2010 bekerja sama dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), FKG, dan RSGM di seluruh Indonesia. Sementara melalui Program ‘Sekolah dan Pesantren Sehat’, Pepsodent sudah berhasil mengedukasi hampir 30 juta anak Indonesia.

“Dengan dilaksanakannya program Senyum Sehat Indonesia di Jakarta, kami berharap semakin banyak masyarakat baik anak-anak maupun dewasa yang bisa merasakan manfaat dari gigi yang kuat dan mulut yang sehat, terutama dalam menghadapi bulan Ramadan. Kegiatan serupa masih akan berjalan sepanjang tahun 2024 sampai akhir tahun melalui Hari Kesehatan Gigi dan Mulut atau World Oral Health Day (WOHD) dan Bulan Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (BKGN) di berbagai kota di Indonesia agar dampak positif yang diberikan  lebih merata di seluruh Indonesia,” tutup Ratu Mirah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *