Marketplus.id – Herbalife, perusahaan dan komunitas terkemuka di dunia yang aktif membangun gerakan kesehatan masyarakat dan kebugaran, berkomitmen untuk menyehatkan masyarakat dan berkontribusi pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (sustainable development goals/SDGs) dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tujuan nomor 3, yaitu menjamin kehidupan yang sehat dan mendorong kesejahteraan bagi semua orang di segala usia, serta tujuan SDGs nomor 6 memastikan masyarakat mencapai akses universal air bersih dan sanitasi.

Head of Corporate Communications Herbalife Indonesia, Intan Pratiwi Darmawanti mengatakan Herbalife Indonesia berkomitmen untuk mencari solusi dan menjawab tantangan kelaparan global, kerawanan pangan, dan kekurangan nutrisi melalui berbagai inisiatif.

“Herbalife melalui HNF (Herbalife Nutrition Foundation) bekerja sama dengan mitra CASA Herbalife Nutrition, sangat bangga dapat memberikan dukungan terhadap upaya pemerintah dalam memerangi malnutrisi dan stunting serta memberikan akses pendidikan nutrisi yang sehat kepada anak-anak serta masyarakat yang rentan,” kata Intan.

Komitmen Herbalife Indonesia dalam menanggulangi stunting di Indonesia dimulai melalui kemitraan antara Herbalife dan HNF (Herbalife Nutrition Foundation) dengan Habitat For Humanity Indonesia dalam program pembangunan fasilitas sanitasi sehat, penyediaan akses air bersih dan edukasi kesehatan bagi masyarakat di Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang.

Program kemitraan dengan Habitat for Humanity Indonesia berjalan sejak tahun 2019 sampai saat ini yang dikerjakan menjadi tiga tahap berhasil membangun berbagai fasilitas sanitasi dan MCK diantaranya; 105 unit toilet individu tingkat rumah tangga dibangun, 1 unit sumber air bersih untuk fasilitas mencuci bagi 75 kepala keluarga, 4 unit toilet umum yang menjangkau 60 kepala keluarga dan 1 unit toilet sekolah, 25 unit fasilitas cuci tangan portable telah dipasang, memberikan pelatihan terkait kebersihan, kesehatan dan sanitasi air menjangkau 300 warga dan 100 siswa sekolah, mendistribusikan 2.600 voucher belanja bagi keluarga yang berpenghasilan rendah di Kecamatan Mauk.

Selain itu, 1 unit POSYANDU untuk kesehatan wanita, anak dan remaja dibangun, memberikan mendapat penguatan kapasitas 60 kader, pemantauan asupan nutrisi, kampanye dan advokasi buang air besar di toilet telah dilaksanakanguna meningkatkan fasilitas sanitasi yang layak dan meningkatkan kesadaran masyarakat tentang sanitasi dan peningkatan kebersihan untuk memberantas Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembaranganberkolaborasi dengan pemangku kepentingan terkait (Dinas Kesehatan Kabupaten, Puskesmas Kecamatan) untuk mempersiapkan Desa Kedung Dalem, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang untuk mencapai deklarasi ODF Desa.

“Hal ini merupakan sebuah kebanggaan bagi kami dan sekaligus memperkuat komitmen kami untuk terus mengkampanyekan gaya hidup sehat dan aktif yang diimbangi dengan asupan nutrisi seimbang dan olahraga. Selain itu, kami juga berharap program-program ini dapat menjadi inspirasi dan dapat mengajak lebih banyak pihak untuk turut serta dalam mendukung upaya pemerintah memerangi malnutrisi dan stunting di kalangan anak-anak penerus bangsa,” tambah Intan.

Upaya gaya hidup sehat dan aktif

Dalam mendukung pemerintah dalam upaya mewujudkan gaya hidup sehat dan aktif di masyarakat serta mencapai target nasional – Indonesia Sehat & Bugar – pada tahun 2045, Herbalife menjalin kemitraan dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) pada 17 Oktober 2023 lalu.

Director of Public Affairs Herbalife Indonesia, Arif Mustolih mengatakan dalam kemitraan ini, Herbalife dan Kemenpora RI akan bekerja sama untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai gaya hidup sehat dan aktif melalui berbagai kegiatan olahraga dengan komunitas, serta program pendidikan nutrisi dan kesehatan, selain menyediakan infrastruktur dan fasilitas yang diperlukan untuk merangkul gaya hidup yang lebih aktif.

Kegiatan ini akan meliputi; Jumat Krida yang diadakan setiap hari Jumat pagi mulai pukul 07.00 di lapangan kantor Kemenpora, Senayan, dengan ratusan peserta dari berbagai komunitas yang berbeda-beda setiap minggunya. TARKAM yang merupakan kejuaraan olahraga Kemenpora di tingkat kota/kabupaten yang diselenggarakan selama 3 hari dalam cabor bola voli, bulutangkis, tenis meja, dan senam, dengan melibatkan masing-masing sekitar 400 atlet berpartisipasi dalam kejuaraan tersebut di 100 kota/kabupaten di Indonesia. Edukasi kesehatan yang diisi berbagai sesi sharing edukasi kesehatan tentang nutrisi, nutrisi olahraga, dan latihan kebugaran.

Serta berbagai event dengan mengusung tema ‘GET MOVING WITH GOOD NUTRITION’ yang sedang direncanakan seperti 24 RUN2FIT dan 24 GTT. Selain itu, Herbalife nantinya juga akan mendukung dan mensponsori kejuaraan atau turnamen olahraga lainnya yang diselenggarakan oleh Kemenpora atau pihak-pihak terkait lainnya.

Head of Marketing Herbalife Indonesia, Elfrida Viesta Napitupulu mengatakan saat ini  terdapat fakta sebanyak 46% orang Indonesia kekurangan asupan protein harian. Padahal protein memiliki banyak manfaat baik seperti memberikan rasa kenyang, membantu dan menjaga massa otot, serta mengganti dan membangun sel tubuh dan berperan penting dalam program pengelolaan berat badan (weight management program). “Herbalife berkomitmen ingin mengajak masyarakat luas untuk mencukupi kebutuhan protein harian, membantu memenuhi kebutuhan nutrisi seimbang, serta mengontrol kalori harian,” terang Elfrida.

Nutritionist Herbalife Indonesia & Anggota Dietetic Advisory Board (DAB) Herbalife, Aria Novitasari menambahkan protein memiliki peran sebagai zat pembangun, hanya bisa dilakukan oleh protein dan tidak bisa digantikan dengan nutrisi laninya. “Protein membantu memberi rasa kenyang, membangun dan menjaga massa otot, serta mengganti dan membangun sel tubuh,” tutup Aria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *