4 Juli 2025
Screen Shot 2021-08-12 at 18.21.28

Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten/kota Kediri, (12/8).

Acara dipimpin oleh Moderator, Diyah Wahyuningtyas, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Faizal Johan Atletiko, S.Kom., M.T., Firdaus Rahman, A.Md.A, Ulil Albab, Pradipta Nugrahanto dan Anelies Praramadhani.

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Mengembangkan Minat dan Bakat Melalui Dunia Digital” dan masing-masing  narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 906 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Firdaus Rahman, A.Md.A adalah Bagaimana tetap berada di frekuensi theta dalam jangka waktu yang lama terutama bagi kita yang berada di divisi kreatif?

Firdaus Rahman menuturkan, “Pertanyaan ini bisa digali lebih dalam agar teman-teman yang lain dapat mengaplikasikannya. Prinsip dasarnya (kreatif, intuisi, sabar) itu ada “otot”nya. Oleh karena itu harus dibentuk atau dilatih. Otot tersebut dapat dibentuk salah satunya dengan pendekatan teknologi dengan audio/suara. Dengarkan audio khusus yang dapat menggiring ke gelombang otak yang diharapkan. Produk tersebut bisa dicari dengan kata kunci audio brainwave atau datang ke Gramedia mencari buku Quantum Ikhlas. Kreatif harus dilatih/dibiasakan dengan beberapa teknik dengan mengamati, membaca, dan lain sebagainya. Jika tidak ada alat, caranya dengan fokus napas sampai tenang dan merasa ngantuk”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *