21 Agustus 2025
HYOM1105 copy

Marketplus.id – Cussons Baby menghadirkan wajah baru untuk menemani perjalanan cinta ibu dalam menjalani gaya parenting yang terus berubah.

Dengan tampilan warna kemasan pastel modern, menghadirkan karakter ilustrasi bayi Cuby, dan memiliki kandungan bahan alami  dengan inovasi triple nutrient blend, yang memadukan tiga manfaat sekaligus dalam tiap varian, Cussons Baby hadir  untuk mendukung ibu dari generasi 90-an hingga Gen Z.

Tampak dalam kegiatan peluncuran hari ini, Eva Arisuci Rudjito, Marketing Director PZ Cusson Indonesia; Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog Klinis ; Merdianti Octavia, Ibu milenial dengan 2 anak, yang juga menantu dari Dewi Yul; serta Sophia Aljufri, Ibu Gen Z dengan 2 anak balita, yang juga selebgram.

“Transformasi Cussons Baby bukan sekadar perubahan visual. Kami ingin menjadi bagian dari setiap momen ibu, sekaligus menemani perjalanan cinta orang tua dari generasi ke generasi dalam merawat buah hatinya dengan bangga dan bahagia melalui produk yang aman, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan ibu masa kini,” ujar Eva Arisuci Rudjito, Marketing Director PZ Cussons Indonesia.

Cussons Baby kini tampil lebih segar, dengan kemasan modern dan karakter ilustrasi bayi Cuby yang menggemaskan. Tak hanya tampil lebih segar, setiap variannya juga diperkaya dengan 3x Nutrient Blend yang diformulasikan sesuai kebutuhan si kecil yang beragam. Sejak lebih dari 50 tahun lalu, rangkaian produk Cussons Baby terus hadir dan berevolusi, mendampingi para Ibu dari berbagai generasi dengan gaya parenting yang beragam.

Seiring perkembangan zaman, gaya parenting memang mengalami perubahan signifikan. Ibu generasi 90-an sampai 2000-an awal, mulai bergeser lebih fokus pada kebutuhan anak. Orang tua jadi lebih ‘intensif’ mendampingi tumbuh kembang anak, memberikan banyak energi juga waktu untuk anak. Memasuki 2010-an, orang tua mulai sadar pentingnya memberi ruang bagi anak untuk mandiri dan percaya pada kemampuannya. Gaya pengasuhan jadi makin asik, bergeser ke arah yang lebih hangat dan suportif, memberikan anak ruang untuk berpartisipasi dan berekspresi. Lanjut ke era 2020-an, parenting masa kini yang serba digital. Anak seakan tidak berhenti pegang gadget, mulai dari membuat konten di TikTok hingga belajar coding. Orang tua seakan harus jadi ‘sheriff’ di dunia maya.

Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog Klinis menekankan bahwa inti dari parenting tetap sama, rumah yang menyediakan kasih sayang, menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung tumbuh kembang anak. “Meskipun metode berubah, kebutuhan anak akan perhatian, kasih sayang, dan kehadiran orang tua tetap menjadi fondasi utama,” ujarnya. Selain itu, Ratih menyoroti pentingnya daya adaptif orang tua dalam menghadapi tantangan zaman. Orang tua masa kini tidak hanya menegakkan disiplin, tetapi juga belajar menyeimbangkan antara pengawasan, komunikasi yang terbuka, dan pemanfaatan teknologi untuk mendukung perkembangan anak secara optimal.

Pergeseran tren pengasuhan dirasakan saat ini oleh ibu millenial dan GenZ, dari keterlibatan orang tua yang intensif dan tradisional menuju pendekatan yang lebih responsif, modern, sesuai kebutuhan anak. Fenomena ini  diamini oleh Merdianti Octavia, Ibu 2 anak, menantu dari artis senior Dewi Yul, “Zaman sekarang, jadi ibu terasa lebih rumit karena banyak hal tidak sesuai harapan. Menjadi ibu adalah proses belajar yang tak pernah berhenti. Walau gaya saya berbeda dengan mama, yang saya tiru dari beliau yaitu nilai pantang menyerah dan mandiri, yang saya ajarkan juga ke anak-anak.”

Untuk kebutuhan si kecil, Merdianti juga memiliki pengalaman menarik dengan Cussons Baby. Pertumbuhan rambut anak pertamanya sempat terhambat selama beberapa lama, hingga sang ibu mertua menyarankan untuk menggunakan hair lotion Cussons Baby. “Alhamdulillah, setelah rutin digunakan rambut anak saya tumbuh dengan lebat. Dari situ, saya semakin percaya pada brand legendaris seperti Cussons Baby yang manfaatnya nyata. Mulai dari body wash hingga hair lotion, Cussons selalu menjadi bagian dari kenangan masa kecil yang penuh cinta. Rasanya seperti merasakan pelukan hangat mama lewat sentuhan lembut produk Cussons Baby. Ada kebanggaan, haru, dan juga warisan kasih sayang dari mama yang terus terasa hingga kini.”

Ratih menjelaskan bahwa suatu produk dapat memunculkan memori emosional—kenangan yang melekat kuat oleh emosi yang menyertainya. Hal ini sering kali terbangkitkan oleh hal-hal sederhana yang akrab dalam keseharian kita, seperti aroma sabun mandi, sentuhan lembut ibu ketika mengoleskan body cream, bunyi piring saat makan bersama, dan lain-lain. Memori emosional adalah ingatan kita akan berbagai kejadian  dalam hidup. Mungkin kita tidak ingat persis kejadiannya, namun kita ingat rasanya. Memori emosional dipengaruhi oleh bagaimana kita memaknai sebuah peristiwa. Kenangan yang ada membantu kita untuk belajar dan lebih siap menghadapi situasi serupa di masa depan. “Ketika seorang ibu masa kini memilih produk yang juga digunakan ibunya dulu, itu bukan sekadar soal fungsi, tetapi juga tentang bangunan ikatan emosional dari masa ke masa—menghadirkan potongan masa kecilnya untuk diwariskan kepada anaknya,” tutur Ratih.

Inisiatif terbaru dari Cussons Baby : #CussonsMOMen (Mothers of Mindful Empowerment Network)

Meski setiap generasi mengalami perubahan dan tantangan yang berbeda, satu hal yang tak pernah berubah adalah pentingnya dukungan dari keluarga dan komunitas. Studi menunjukkan bahwa program dukungan orang tua berbasis komunitas dapat meningkatkan kemampuan, kepercayaan diri, serta kompetensi dalam menjalani peran sebagai orang tua.

Dengan cakupan yang luas dan inklusif, #CussonsMOMen hadir untuk memperkuat ikatan tersebut, memberikan dukungan nyata yang dibutuhkan oleh setiap ibu dalam perjalanan mereka karena Cussons Baby mengerti bahwa menjadi orang tua adalah proses belajar tanpa henti.

“Untuk mengikuti perkembangan jaman, selain menghadirkan kemasan baru, Cussons Baby memperkenalkan wadah berkumpul para ibu lintas generasi melalui #CussonsMOMen. Memahami bahwa ibu-ibu masa kini menghadapi arus informasi yang sangat deras, seringkali membingungkan dan membuat mereka ragu dalam menentukan pilihan terbaik untuk si kecil. Melalui #CussonsMOMen, kami ingin menciptakan sebuah ‘safe zone’ yang nyaman di mana para ibu bisa berkumpul, berbagi pengalaman, inspirasi, serta mendapatkan informasi yang telah kami kurasi secara terpercaya. Dengan demikian, Cussons Baby tidak hanya menghadirkan produk perawatan bayi, tetapi juga mendukung dan menemani setiap momen berharga ibu dan anak sebagai wujud transformasi penuh arti dari Cussons Baby,” ujar Eva Arisuci Rudjito, Marketing Director PZ Cussons Indonesia.

Sophia Aljufri, Ibu di era Gen Z yang memiliki dua anak, merespon positif kehadiran wadah komunitas para ibu lintas generasi. “Menjadi ibu di era sekarang nggak selalu mudah loh, informasi datang dari segala arah, kadang bikin bingung harus ikut yang mana. Dengan hadirnya wadah dari Cussons Baby #CussonsMOMen pastinya benar-benar berarti. Di sini, saya dan para ibu Gen Z akan belajar, berbagi, dan saling menguatkan dengan para ibu dari berbagai generasi. Rasanya seperti punya support system yang nyata. Kami jadi makin yakin bahwa nggak apa-apa punya gaya parenting yang berbeda, selama dijalani dengan cinta dan pengetahuan. Terima kasih sudah bantu kami tumbuh jadi ibu yang lebih percaya diri, relevan, dan siap hadapi tantangan zaman.”

Cussons Baby berkomitmen untuk terus mendampingi ibu Indonesia di setiap generasi. Sebagai wujud nyata komitmen tersebut, Cussons Baby akan menghadirkan inovasi produk terbaru yang akan diperkenalkan dalam waktu dekat. “Kehadiran bayi Cuby, wadah komunitas parenting #CussonsMOMen serta inovasi produk baru kami lainnya mencerminkan semangat Cussons untuk lebih dekat dengan ibu masa kini dan mendatang. Karena cinta ibu itu terus berevolusi, maka Cussons Baby pun ikut bertumbuh bersamanya,” pungkas Uci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *