Marketplus.id – Internet termasuk teknologi yang dibutuhkan setiap orang, karena dapat membantu siapa pun dalam bekerja atau berkomunikasi dengan orang lain. Baik orang dewasa maupun anak-anak, keduanya pun tak bisa lepas dari internet.

“Beragam kelebihan yang ditawarkan oleh internet sesuai kebutuhan masing-masing orang. Mulai dari penyediaan informasi up to date, kemudahan komunikasi yang dapat dilakukan melalui media sosial, hingga beragam pilihan hiburan,” ujar Fatku Rochman, Relawan TIK & Tim IT CV. Ngawi Smart Creative, saat menjadi pembicara dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (26/8/2021).

Ia menambahkan, internet tidak selalu aman digunakan. Terlebih pada anak-anak yang mungkin belum memahami penggunaan internet secara utuh. Untuk itu, pentingnya para orangtua untuk selalu mendampingi anak saat menggunakan internet.

“Karena banyak jenis kejahatan yang terjadi di internet dan tidak ada jaminan bahwa anak mama dapat tehindar dari hal tersebut,” terangnya.

Untuk itu, orang tua harus mengetahui risiko kejahatan di dunia maya yang bisa saja menimpa anak-anak, seperti:

  • Banyak kejahatan di dunia maya yang mengintai anak

Ada banyak kejahatan di dunia maya yang bisa saja membuat anak-anak menjadi korban. Misalnya, kekerasan siber seperti perundungan atau body shamming, eksploitasi seksual secara daring yang melibatkan pornografi, stalking oleh orang tidak dikenal, tereksposenya kekerasan sehingga anak berpotensi menyakiti diri sendiri, peretasan data, hingga ancaman radikalisme. Selain kejahatan, bahaya penggunaan internet lainnya yang perlu diketahui orang tua, yaitu risiko adiksi atau kecanduan. Paparan gawai dan internet yang berlebihan bisa saja menganggu tumbuh kembang anak sehingga mereka mengalami asosial, gangguan kemampuan anak dalam bersosialiasi.

  • Penting literasi digital bagi orang tua maupun anak

Mengingat banyaknya risiko kejahatan di internet yang bisa saja terjadi pada anak-anak, perlunya pendampingan saat anak menggunakan internet. Baik pendampingan oleh orangtua maupun guru. Pendampingan yang tepat ini dapat melindungi anak dari kejahatan dunia maya. Selain pendampingan, orang       tua maupun guru juga sebaiknya memiliki pemahaman tentang literasi digital untuk diajarkan pada anak-anak sejak dini. Literasi digital yang dimaksud ialah pengetahuan dan kecakapan dalam menggunakan internet serta perangkat digital lainnya. Dengan demikian, teknologi dapat digunakan secara sehat, bijak, dan cerdas.

  • Komunikasi orang tua dan anak merupakan kunci

Setelah memiliki pemahaman yang cukup terkait literasi digital, penting bagi para orang tua untuk mendiskusikannya bersama anak-anak. Jadi, mereka dapat menggunakan internet dengan aman.  Dengan mencari tahu segala informasi terkait penggunaan teknologi, seperti internet beserta seluruh fiturnya. Jadi, beradaptasilah dengan zaman agar anak tetap aman dalam berinternet.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (26/8/2021) juga menghadirkan pembicara, Nurul Hidayah (Dinas KB PPPA Kabupaten Tulungagung), Ellangga Seta (CEO PT. Indokonten Sukses Makmur), Idul Futra (Founder at Madam Lim), dan Diza Yeremia Lenrikzky sebagai Key Opinion Leader.