Marketplus.id – Dengan banyaknya tuntutan dan juga biaya untuk masa depan yang kian melonjak seperti dana pendidikan anak, kesehatan, dan lain-lainnya, membuat para generasi milenial berpikir tidak hanya mengandalkan gaji kantoran atau usaha yang sedang dijalani.

Hal itu dikatakan, Deny Yudiantoro, Dosen Manajemen Bisnis Syariah & Direktur Galeri Investasi Syariah, dalam webinar Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 untuk wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (29/10/2021).

Ia menambahkan, keberadaan investasi sekarang banyak dilirik oleh kaum milenial karena dianggap lebih menguntungkan dan prosesnya cepat. “Namun, jangan gegabah dalam melakukan dan memilih investasi bagi milenial. Pasalnya, bila salah langkah, maka risikonya tentu merugikan kamu,” terangnya.

Ada beberapa daftar pilihan investasi yang bisa dipilih, di antaranya:

  1. Deposito Berjangka

Kamu bisa mencoba deposito berjangka sebagai langkah awal investasi milenial. Bedanya dengan mekanisme menabung biasa deposito tidak bisa diambil setiap saat. Seperti namanya, ada jangka waktu tertentu untuk mengambil uangnya. Biasanya jangka waktu deposito ada yang 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan, tergantung dari kebijakan bank dan produk depositonya. Sementara bunga deposito cenderung lebih besar dibandingkan bunga tabungan, namun jumlahnya berbeda-beda untuk setiap bank. Deposito juga dijamin oleh Lembaga Pinjam Simpan (LPS).

2. P2P Lending

Investasi bagi milenial yang juga banyak dipilih adalah P2P Lending. Alasannya karena keuntungan hasil jenis ini bisa 2 kali lipat atau lebih. Uang untuk memulai investasi jenis ini berbeda-beda pada setiap platform. Salah satu risiko yang bisa dirasakan dari jenis investasi ini adalah risiko default (gagal bayar) dan dana tidak bisa langsung diinvestasikan.

3. Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana menjadi satu dari sekian banyak instrumen investasi yang memungkinkan kamu secara terus menerus mengamati perkembangan aset. Alasannya sebab sudah ada manajer investasi yang akan membantu dalam mengatur alokasi investasi. Reksa dana pasar uang menjadi salah satu investasi yang risikonya kecil dan memiliki jangka pendek. Salah satu keuntungannya, bisa ditarik tanpa harus menunggu batas waktu yang telah ditentukan dan kamu tidak perlu menyiapkan modal yang besar.

Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (KemenKominfo) bersama Siberkreasi. Webinar wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (29/10/2021) juga menghadirkan pembicara, Drg Silvia (Founder @Lashtiqueid), Alfret Nara, Lucia Palupi (Owner of Tukik Studio Jakarta), dan Clarissa Darwin (Fashion Styling) sebagai Key Opinion Leader.

Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 – untuk Indonesia #MakinCakapDigital melibatkan 110 lembaga dan komunitas sebagai agen pendidik Literasi Digital. Kegiatan ini diadakan secara virtual berbasis webinar di 34 Provinsi Indonesia dan 514 Kabupaten.

Kegiatan ini menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada 2024. BerlAndaskan 4 pilar utama, Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills) untuk membuat masyarakat Indonesia semakin cakap digital.