
Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di Lamongan, (20/11).
Acara dipimpin oleh Moderator, Vio Annisa, S.Pd., CPS®, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Inayah Sri Wardhani, S.Psi, M. Syaeful Mujab, Ranny Afandi, SP, Bondan Wicaksono dan key opinion leader (KOL) Clarita Mawarni Salem.
Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah “Jangan Mudah Termakan Hoax” dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.
Dengan jumlah 1.840 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.
Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Clarita Mawarni Salem adalah, “Keterbukaan informasi di Dunia Digital ini ikut mempengaruhi nilai dan norma dasar budaya indonesia. Lalu sebagai orang tua yang tidak begitu paham akan teknologi, Bagaimana menjaga karakter dan integritas anak yang saat ini banyak berinteraksi dalam internet dengan berbagai orang yang memiliki latar budaya yang beragam dari yang positif hingga negatif? Dan bagaimana agar akhlak terpuji semakin terpupuk ditengah pengaruh teknologi yang tak bisa di bendung dampak negatifnya?
Clarita Mawarni Salem menerangkan, “Berkaca dari pengalaman saya di keluarga, saya memiliki adik yang paling kecil yang sudah diberikan gawai sejak umur 7 tahun, namum sejak mengenal gawai atau gadget, jiwa konsumerisme tinggi dan kemudian terpapar dengan kata-kata yang kurang baik dari youtube yang menjadi tontonan adik saya. Sejak saat itu, orang tua saya kemudian mengganti pola didik terkait dengan gawai dan meningkatkan tingkat kedisiplinan untuk adik saya terkait dengan penggunaan gadget. Oleh karena itu, orang tua di sini menjadi kunci dan harus dibersamai dengan konsistensi.”
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).
Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.
Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.