Marketplus.id – Penyelenggaraan Kegiatan Literasi Digital di Jawa Timur I kali ini diselenggarakan di kabupaten Kediri, (24/11).

Acara dipimpin oleh Moderator, Zafirah Aurelia Budiman, dengan menghadirkan 4 narasumber yaitu Febby Candra Pratama, S.E., M.M, Sawitri Wulansari S.Psi, MM, Oktora Irahadi, Rita Nurlita, S.Sos., M.I.Kom dan Faysal Antonio (Joni Wicaksono) (KOL).

Pada acara kali ini, tema yang diangkat adalah Keberagaman di Dunia Digital dan masing-masing narasumber berbicara dari sudut pandang empat pilar utama Literasi Digital.

Dengan jumlah 137 peserta, dapat dilihat antusiasme dari setiap peserta yang hadir pada acara hari ini, karena peserta seminar dan diskusi secara online yang hadir mempunyai kesempatan untuk bertanya kepada narasumber.

Salah satu pertanyaan yang ditujukan kepada narasumber Oktora Irahadi adalah penerapan etika digital seperti apa yang dapat dimasifkan dengan cara yg efektif, dan dan adakah organisasi yang dapat menjembatani?

Oktora Irahadi mengatakan, “Kita punya pandangan yang subjektif. Ujung-ujungnya banyak di antara kita yang memiliki pandangan yang berbeda. Maka dari itu apakah bisa diselesaikan? Ini merupakan perjalanan yang panjang dan terjal. Dan saya yakin, at the end of the day, literasi digital akan masuk ke sekolah-sekolah. Sekarang yang bisa kita ajarkan adalah dengan webinar seperti ini, mengenalkan 4 pilar literasi digital, kemudian ke ruang lingkup yang lebih besar, dan dilakukan secara bertahap.  Ini menjadi PR kita bersama, kita perlu adanya kesadaran dimulai dari kita sendiri, cakap digital terlebih dahulu, baru kemudian dapat mengedukasi orang lain. Kita perlu cerdas menavigasi diri kita sendiri. Navigasi baik, sejatinya kita mendaaoatkan manfaat bukan mendapatkan mudarat”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemkominfo RI) menyelenggarakan 1.251 kegiatan Literasi Digital yang akan berlangsung selama 6 Mei – 6 Desember 2021 di 14 Kabupaten/Kota di Jawa Timur I. Kegiatan ini membahas empat pilar utama Literasi Digital ; Budaya Bermedia Digital (Digital Culture), Aman Bermedia (Digital Safety), Etis Bermedia Digital (Digital Ethics), dan Cakap Bermedia Digital (Digital Skills).

Kegiatan Literasi Digital ini bertujuan untuk mendukung percepatan transformasi digital, peningkatan kapasitas, awareness, dan diseminasi pemanfaatan teknologi digital agar masyarakat dapat memanfaatkan internet dengan benar dan bertanggung jawab  serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman akan potensi besar yang dimiliki Indonesia, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan berbagai fasilitas dan fitur teknologi digital yang tersedia untuk menunjang bakat, ekonomi dan pekerjaannya. Literasi digital menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kemajuan suatu bangsa.

Kemkominfo RI menargetkan 10.000.000 orang terliterasi digital pada tahun 2021, hingga tercapai 50 juta orang terliterasi digital pada tahun 2024.