Marketplus.id – Dengan berjejaring dan berkomunitas di internet seseorang dapat menambah teman dan kesempatan. Satu bagian transisi budaya yang semakin dinamis ini adalah terhubung satu sama lain melalui internet.

“Digitalisasi bukan lagi suatu opsi, tapi merupakan suatu kenyataan yang sudah terjadi,” kata seorang dosen dan Anggota Pandu Digital, Aidil Wicaksono saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur, pada Rabu (7/9/2022).

Saat ini, masyarakat ada di dunia ketidakpastian setelah mengalami pandemi Covid-19. Di mana semua orang seolah dipaksa beradaptasi dengan teknologi. Terdapat 5 proses adaptasi masa kini menurut Aidil, yaitu cara beradaptasi, cara mencapainya, cara belajar, cara bekerja dan cara berpikir. Adaptasi menjadi kunci untuk mencari segala solusi dari segenap perubahan yang terjadi di dunia digital, di mana sewaktu-waktu segala sesuatunya akan berubah dengan cepat.

Sementara terkait perubahan yang akan selalu ada, pembentukan budaya digital membutuhkan partisipasi dan kolaborasi dari seluruh generasi. Budaya sebagai sebuah kebiasaan yang dibuat juga akan bertumbuh, termasuk dengan cara berkomunikasi saat ini yang menciptakan komunitas digital.

“Masyarakatnya cenderung tidak menyukai aturan mengikat, senang mengekspresikan diri dan berinteraksi, tidak biasa belajar dengan instruksi melainkan dengan mencari,” ia menambahkan.

Merespons perkembangan Teknologi Informasi Komputer (TIK), Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Blitar, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain seorang dosen dan Anggota Pandu Digital, Aidil Wicaksono, Dosen Teknik Informatika Universitas Yudharta, M. Imron Rosadi serta mengundang seorang Key Opinion Leader (KOL) Enno Lerian. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *