Marketplus.id – Identitas digital sebagai identitas seseorang sebagai pengguna pletform media digital memiliki perbedaan dengan intensitas di dunia nyata yang bukan satu kesatuan karakteristik, melainkan gabungan beragam identitas parsial.

Identitas digital memiliki dua jenis yaitu terlihat dan tidak terlihat, untuk yang terlihat meliputi nama akun, foto profil, deskripsi pengguna dan identitas lain yang tercantum di akun. Sementara identitas tidak terlihat berupa PIN atau password, 2 Faktor Autentifikasi, OTP. “Jenis identitas tidak terlihat tidak perlu orang lain ketahui dan jangan disebarkan,” ujar Dosen UNITRI Malang, Asfira Rachmat saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (20/10/2022).

Adapun data pribadi bersifat spesifik perlu dijaga agar jangan diketahui orang lain seperti data kesehatan sempat mengidap penyakit apa, biometrik, genetik, data anak, data keuangan pribadi, pandangan politik hingga orientasi seksual. Sementara data pribadi bersifat umum berupa nama lengkap, jenis kelamin, kewarganegaraan, agama dan status perkawinan.

Lebih lanjut segala data tersebut sebaiknya tidak disebarkan dan harus dilindungi. Untuk itu gunakan password yang kuat dan selalu perbarui, jangan membagikan data penting di internet, jangan klik tautan mencurigakan, gunakan anti-virus dan fitur proteksi aplikasi, selalu perbarui aplikasi dan hapus yang tidak terpakai, lalu hindari penggunaan mbankinh ketika memakai wifi publik.

“Keamanan digital berbanding terbalik dengan kemudahan. Sedikit ribet dan waspada akan membuat kita lebih aman di dunia digital,” katanya lagi.

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli dibidangnya antara lain Dosen UNITRI Malang, Asfira Rachmat, seorang Digital Marketing, Diaz Yasin serta Key Opinion Leader (KOL) Indra Brasco. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *