Marketplus.id — Beriklan lewat Google Ads bisa dibilang cukup efektif mendongkrak pemasaran. Selain pengelolaannya fleksibel, anggaran untuk beriklan di Google Ads juga lebih luwes. Namun, tetap dibutuhkan trik dan strategi jitu agar beriklan di Google Ads menjadi efektif, khususnya bagi pemula.

Demikian benang merah dalam webinar yang mengambil tema “Makin Cakap di Era Digital: Pahami dan Kuasai Google Ads bagi Para Pemula” yang berlangsung Senin (24/10) di Makassar, Sulawesi Selatan. Webinar yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi ini menghadirkan sejumlah narasumber, yakni anggota Relawan Edukasi Anti Hoax Indonesia (Redaxi) Wildan; blogger dan content creator Nia Nurdiansyah; dan Koordinator Mafindo Wilayah Malang Anandito Birowo.

Google Ads adalah program periklanan online milik Google. Melalui Google Ads, Anda dapat membuat iklan online untuk menjangkau orang-orang tepat pada saat mereka tertarik pada produk dan layanan yang Anda tawarkan. Google Ads adalah produk yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis, membantu menjual produk atau layanan, meningkatkan kesadaran, dan meningkatkan traffic ke situs.

Menurut Wildan, Google Ads memiliki sejumlah manfaat, seperti target audiens yang lebih spesifik, biaya iklan terkontrol, berpotensi menaikkan kunjungan ke situs penjualan pemasang iklan, serta memaksimalkan investasi sehingga cepat kembali. Jenis biaya iklan Adwords, lanjut dia, pada Google Ads bisa dilihat dari berbagai perspektif.

“Berdasarkan sistem dasar, yaitu biaya per klik (yang dibebankan pengiklan saat iklan diklik untuk menuju situs); biaya per 1.000 tampilan (biaya yang ditanggung pengiklan saat iklan ditampilkan di layar pengunjung); dan biaya per tonton (biaya yang ditanggung pengiklan saat iklan video dilihat selama minimal 30 detik atau saat iklan selesai),” ucapnya.

Iklan di Google Ads bisa dikontrol. Wildan menjelaskan, kontrol bisa dilakukan dengan berdasarkan biaya harian, berdasar waktu tertentu, dan berdasarkan perangkat tertentu. Agar beriklan di Google Ads efektif, ia menyarankan perlu dilakukan riset awal tentang karakter audiens yang hendak jadi sasaran iklan.

“Selanjutnya adalah menentukan anggarannya dan sekaligus mengatur platform promosi. Jangan lupa untuk mereset juga kata kunci yang hendak dipakai, mengatur waktu tayang, dan lakukan evaluasi,” tuturnya.

Anandito Birowo menambahkan, Google Ads merupakan salah satu produk yang dibuat dengan keterampilan teknis mumpuni, seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI); big data; dan sistem komputasi awan. Untuk bisa memaksimalkan fitur di Google Ads, ia menyarankan penguasaan kecakapan bermedia digital, terutama kecakapan dalam meriset kata kunci yang bisa mendatangkan banyak kunjungan.

Sementara itu, agar materi iklan yang hendak dipasang di Google Ads menarik dan efektif, Nia Nurdiansyah mengingatkan pentingnya keterampilan copywriting. Ketrampilan ini akan mampu menuliskan konteks yang tersirat dari sebuah produk barang atau jasa. Fungsinya adalah untuk membangun perspektif positif dengan tujuan memaksimalkan penjualan, branding, dan psikologi transaksi.

Dengan hadirnya program Gerakan Nasional Literasi Digital oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI diharapkan dapat mendorong masyarakat menggunakan internet secara cerdas, positif, kreatif, dan produktif. Kegiatan ini khususnya ditujukan bagi para komunitas di wilayah Sulawesi dan sekitarnya yang tidak hanya bertujuan untuk menciptakan Komunitas Cerdas, tetapi juga membantu mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih unggul dalam memanfaatkan internet secara positif, kritis, dan kreatif di era industri 4.0.

Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama GNLD Siberkreasi juga terus menjalankan program Indonesia Makin Cakap Digital melalui kegiatan-kegiatan literasi digital yang disesuaikan pada kebutuhan masyarakat. Untuk mengikuti kegiatan yang ada, masyarakat dapat mengakses info.literasidigital.id atau media sosial @Kemenkominfo dan @Siberkreasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *