Mei 19, 2024

Marketplus.id – Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) merupakan program unggulan pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran kepada para pelaku ekonomi kreatif padasubsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, film, dan musik, yang diselenggarakan di 16 Kota/Kabupaten di Indonesia.

Jumlah UMKM per 2021 mencapai 64,2 juta, dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah, dan kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja. Program inidiharapkan hadir untuk mendorong UMKM kreatif Indonesia naik kelas dan percepatan pertumbuhanekonomi, dengan tema yang diangkat “PRODUK INDONESIA UNTUK EKONOMI KUAT”.

Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2023 terdiri dari dua agenda utama, yakni Bootcamp (peningkatankapasitas) dan Pameran (menampilkan dan transaksi jual beli produk kreatif). Jarak pelaksanaan Bootcamp dan Pameran sekitar satu bulan. Pelaksanaan program ini berada di 16 Kota/Kabupaten Indonesia, yang terdiri dari: Bangka, Bengkulu, Batam, Jakarta, Karawang, Sukabumi, Purwokerto, Kudus, Mojokerto, Situbondo, Palangkaraya, Samarinda, Manado, Gorontalo, Kupang, dan Jayapura.

Total pelaku ekonomi kreatif seluruh Indonesia yang mendaftar di AKI 2023 adalah sebanyak 7.041. Di Palangka Raya, yang lolos kurasi sebanyak 27 pelaku ekraf dari sub sektor kuliner, kriya, fesyen, musik dan film.

Rangkaian acara AKI 2023 Palangka Raya diawali dengan kegiatan bootcamp.  Peserta dibekali pengetahuan tentang manajemen keuangan, pendampingan legalitas usaha dan Hak Kekayaan Intelektual, business model, pembuatan media promosi serta pemasaran produk melalui marketplace.

Menurut Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif ada beberapa program Kemenparekraf yang bisa membantu para pelaku ekraf yang masuk dalam ekosistem Kemenparekraf khususnya finalis AKI untuk mendukung dan membantu para pelaku ekraf terutama di bidang Kuliner.

“Hal itu bisa dilakukan baik dari pendampingan, desain kemasan maupun pembuatan HKI,” kata Neil. Ditemani Jenita Janet yang juga menjadi pembicara, Neil berkeliling ke 20 booth dan mendengar penjelasan setiap produk yang menjadi finalis AKI Palangkaraya, juga berfoto bersama untuk mengendorse produk mereka.

Sebagai puncak acara AKI 2023 di Palangka Raya peserta diberikan kesempatan mengikuti Pameran yang digelar pada tanggal 21-23 Juli 2023 bertempat di Palangka Raya Mall.

Melalui pameran ini diharapkan produk pelaku ekonomi kreatif di Kalimantan Tengah dan sekitarnya bisa naik kelas dan lebih dikenal luas oleh masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *