Marketplus.id – Indonesia Financial Group atau IFG pada Sabtu, 2 Desember 2023 berkunjung ke SOS Children’s Village Jakarta untuk mengadakan berbagai kegiatan edukasi sebagai wujud dukungan untuk pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

IFG merupakan Holding BUMN Asuransi yang dibentuk pemerintah untuk berperan dalam pembangunan nasional melalui pengembangan industri keuangan non-bank yang lengkap dan inovatif melalui layanan asuransi, penjaminan dan investasi.

Sebagai perusahaan yang melaksanakan tugas dari Kementrian BUMN dalam rangka menjalankan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan, IFG sangat konsisten dalam pemberdayaan masyarakat, terutama bagi yang membutuhkan dukungan dalam berbagai sektor mulai dari sosial, ekonomi hingga lingkungan yang bertujuan untuk membangun masyarakat yang mandiri dan berkualitas.

Dalam kolaborasinya bersama SOS Children’s Villages, IFG berkomitmen untuk mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 8 tentang pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi (decent work and economic growth), nomor 4 tentang pendidikan berkualitas (quality education), nomor 1 tentang tanpa kemiskinan (no poverty), nomor 11 tentang kota dan permukiman yang berkelanjutan (sustainable cities and communities) serta nomor 15 tentang melindungi, merestorasi dan meningkatkan pemanfaatan berkelanjutan ekosistem daratan (life on land).

SOS Children’s Villages bersama dengan IFG mewujudkan dukungan bagi pencapaian SDGs di atas melalui rangkaian volunteering yang dikemas dalam beberapa kegiatan yaitu literasi keuangan untuk anak usia Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi, lalu kegiatan untuk memanfaatkan lahan yang ada pada lokasi kerja SOS Children’s Villages di Jakarta untuk ditanami sayuran demi kemandirian para penerima manfaat serta kegiatan peremajaan fasilitas yang ada seperti mengecat pagar dan merapikan tanaman di lingkungan sekitar.

Tak hanya itu, IFG juga memberikan dukungan demi peningkatan ekonomi melalui program sertifikasi dan bantuan untuk UMKM di wilayah Bogor dan Lembang yang merupakan komunitas binaan dibawah program Family Strengthening SOS Children’s Villages. Terakhir, IFG juga turut memberikan bantuan untuk mendukung 1 keluarga di SOS Children’s Village Jakarta.

Pada hari pelaksanaan, anak-anak, Ibu serta seluruh staf SOS Children’s Village Jakarta sangat antusias dalam mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang telah disiapkan oleh IFG. Kegiatan yang dilakukan bersifat edukatif namun dikemas dalam penyampaian yang menarik dan menyenangkan sehingga anak-anak antusias dalam mengikuti seluruh prosesnya.

Kegiatan juga dihadiri oleh 50 volunteers dari IFG beserta jajaran direksi Indonesia Financial Group (IFG). Kegiatan ini juga menandai dimulainya hubungan kerjasama yang baik dan berkelanjutan antara SOS Children’s Villages dan IFG.

“Kami memiliki komitmen tinggi untuk bisa memberikan dampak nyata kepada masyarakat. Komitmen ini tidak hanya sekedar komitmen dari perusahaan, namun juga merupakan kesadaran sukarela dari para karyawan IFG. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dan manfaat bagi anak-anak binaan SOS Children’s Villages, terutama terkait literasi keuangan dan bekal pengembangan usaha untuk bisa mandiri ke depan,” ujar Rizal Ariansyah, selaku Direktur SDM IFG.

SOS Children’s Villages merupakan lembaga non pemerintah yang berfokus untuk memberikan pengasuhan alternatif berbasis keluarga bagi anak-anak yang telah kehilangan pengasuhan orang tua.  SOS Children’s Villages juga turut memberikan penguatan dan pendampingan bagi keluarga rentan.

SOS Children’s Villages percaya bahwa setiap anak berhak atas lingkungan yang aman dan mendukung sebagai tempat mereka untuk dapat tumbuh, belajar, dan berkembang.

Total terdapat 4.446 anak yang kehilangan pengasuhan orang tua dibesarkan dan anak dari keluarga rentan didampingi oleh SOS Children’s Villages di 11 kota di Indonesia yaitu Bandung, Jakarta, Bogor, Semarang, Yogyakarta, Banda Aceh, Meulaboh, Medan, Bali, Flores dan Palu.

SOS Children’s Villages juga aktif bekerja sama dengan berbagai pihak seperti pemerintahan, mitra perusahaan baik lokal dan global serta media di Indonesia untuk terus berjuang demi pemenuhan hak-hak anak yang ditinggalkan demi masa depan mereka yang lebih baik.

Menanggapi kolaborasi bersama IFG, Gregor Hadi Nitihardjo, selaku National Director SOS Children’s Villagesmenyampaikan “SOS Children’s Villages sangat mengapresiasi apa yang dilakukan IFG untuk mendukung pencapaian 5 poin dari Sustainable Development Goals (SDGs).

Seperti yang diketahui, SDGs memiliki prinsip universal, integrasi dan inklusif, untuk meyakinkan bahwa tidak ada satupun yang tertinggal atau no one left behind. Begitu pula kami di SOS Children’s Villages berusaha memberikan apa yang anak-anak butuhkan sehingga mereka tetap bisa tumbuh seperti anak-anak lainnya dalam kehangatan kasih sayang keluarga melalui pengasuhan alternatif yang sepenuh hati diberikan.

Tentunya beragam edukasi dan kegiatan yang diberikan oleh partner kami seperti IFG, juga dapat mendukung pemberdayaan anak-anak dan membantu mereka di masa depan kelak. Semoga kerjasama SOS Children’s Villages dan IFG dapat menuai hasil yang baik bagi kedua belah pihak.”

Ke depannya, SOS Children’s Villages berharap untuk dapat terus aktif dalam pemenuhan hak-hak dasar bagi anak-anak yang telah maupun beresiko kehilangan pengasuhan orang tua. Tentunya dengan dukungan luar biasa dari para mitra dan Sahabat SOS, SOS Children’s Villages yakin dapat menjalankan visi dan misi serta program kerja yang dibangun demi masa depan anak-anak Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *